Breaking News:

Berita Sungailiat

12 Pelajar SD di Kabupaten Bangka Belajar Jadi Dokter Cilik

Sebanyak 24 siswa-siswi sekolah dasar yang ada di kabupaten Bangka belajar menjadi dokter cilik.

Penulis: Magang2 | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)
Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil Di Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 24 siswa-siswi sekolah dasar yang ada di kabupaten Bangka belajar menjadi dokter cilik.

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka ini berlangsung di Hotel ST 12, jalan Cut Nyak Dhien, Parit Padang, Sungai Liat, Bangka, Kamis (22/7/2021).

Terdapat juga 12 pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai peserta.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Mulkan, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimal peran siswa-siswi dalam program Usaha Kesehatan Sekolah.

Menurut Then, setiap anak usia sekolah pendidikan dasar berhak dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta didik dapat hidup sehat, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sekitarnya," ujar Then.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan mengatakan kegiatan ini merupakan suatu bentuk komitmen  kesehatan, pendidikan, dan perekonomian merupakan suatu hal yang saling terkait dan penting adanya.

"Pendidikan harus baik, kesehatan harus terjaga, dan pembangunan ekonomi harus berkembang baik," ucap Mulkan.

Dengan begitu, Menurut Mulkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dapat terus meningkat.

Berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 1992 Pasal 45 tentang kesehatan, menyebutkan bahwa UKS wajib diselenggarakan di sekolah sebagai institusi pendidikan, karena mempunyai peran dan kedudukan strategis dalam mempromosikan kesehatan.

"Dengan adanya pelatihan dokter kecil ini, diharapkan pihak sekolah dapat memperketat kondisi kesehatan di lingkungan sekolah, terutama di era pandemi ini," ujar Mulkan.

Mulkan mengajak para orangtua dan guru untuk menjaga memperhatikan kondisi kesehatan anak, karena mereka adalah aset bagi Bangsa.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved