Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Positivity Rate di Bangka Tengah Sepekan Terakhir 50-70 Persen

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun menyebut, positivity rate di Kabupaten Bangka Tengah sepekan terakhir berada di kisaran 50-70 persen.

Penulis: Sela Agustika | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Sela Agustika
Pelaksana tugas harian (Plt) Kepala Dinkes Bangka Tengah, Zaitun 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun menyebut, positivity rate di Kabupaten Bangka Tengah selama sepekan terakhir berada pada kisaran 50 hingga 70 persen.

"Jadi positivity rate ini menunjukkan besarnya risiko penularan di masyarakat. Setiap harinya positivity rate berfluktuatif (berubah-ubah) tapi yang paling tertinggi pernah mencapai 70 persen, misal setiap 100 orang yang dites dengan PCR atau antigen ada 65 orang yang positif Covid-19," ujar Zaitun kepada Bangkapos.com, Kamis (22/7/2021).

Kata Zaitun, berdasarkan data positivity rate yang ada saat ini menunjukkan bahwa kasus covid-19 sudah sangat berisiko tinggi.

Sementara, target yang harus dicapai oleh Indonesia berdasar standar WHO adalah positivity rate di bawah 5 persen.

"Memang berdasarkan data yang kita catat saat ini kasus positif konfirmasi positif Covid-19 ini terus meningkat dan berdasarkan data positivity rate ini juga sangat tinggi, bahkan kemarin pernah mencapai angka 70 persen," ungkap Zaitun.

Ia  juga menuturkan saat ini wilayah Kabupaten Bangka Tengah menjadi salah satu daerah dengan status resiko tertinggi penyebaran kasus Covid-19.

"Untuk di Bangka Belitung memang kasus covid saat ini meningkat dan kita (Bangka Tengah- red ) sampai Rabu kemarin, sebaran kasus positif ini mencapai 3.518 orang, dengan total kasus aktif saat ini ada 519 orang dan paisen meninggal sebanyak 56 orang," kata Zaitun.

Kata Zaitun, saat ini pihaknya gencar melakukan 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment terhadap pasien yang terkonfirmasi positif.

"Upaya 3T ini memang gencar kita lakukan penelusuran. Dan untuk ketersediaan rapid antigen kita masih aman, namun untuk layanan PCR memang ini adanya di pusat,” kata Zaitun.

“Kita berharap di tengah kondisi saat ini masyarakat taat protokol kesehatan, khususnya menerapkan 5M, yakni mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. Karena ini upaya utama untuk menekan kasus covid-19 ini," ujar Zaitun.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved