Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kemenag Pangkapinang Belum Rekap Pasangan Daftar Menikah ke KUA Usai Iduladha, Biasanya Meningkat

Abdul Rohim mengatakan, pascalebaran Iduladha biasanya memang banyak pasangan yang mendaftarkan diri untuk menikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim mengatakan, pascalebaran Iduladha biasanya memang banyak pasangan yang mendaftarkan diri untuk menikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Namun untuk sementara jumlahnya kata Rohim belum bisa dihitung secara keseluruhan, dapat dihitung setelah akhir bulan nanti.

"Biasanya habis lebaran Iduladha pasangan calon yang mendaftarkan diri untuk menikah itu memang mengalami kenaikan, cuma karena sekarang masih dalam masa pandemi tidak banyak mengalami kenaikan," ujar Rohim kepada Bangkapos.com, Kamis (22/7/2021).

Rohim mengatakan, seperti tahun lalu meningkat hingga 20-30 persen dari biasanya.

"Kalau data belum ada biasanya kita rekap akhir bulan keseluruhannya ada berapa, terus ini juga akan berpengaruhnya karena adanya PPKM. Protokol kesehatan kita sangat ketat terhadap melangsungkan pernikahan ini," bebernya.

Menurutnya, saat bulan Dzulhijjah setelah lebaran haji atau lebaran Idul Adha memang bulan baik untuk melangsungkan pernikahan.

"Karena masyarakat menganggap bulan Dzulhijjah ini adalah bulan baik, kalau bulan kemarin lebih sedikit karena di bulan Dzulqaidah," sebutnya.

Diakuinya, pendafatran pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) sekarang memang diperketat sebab mengikuti PPKM dari Provinsi.

Sementara terpisah Kepala Kantor Urusan Agama (KUA)  Kecamatan Girimaya Sumantri mengakui, usai lebaran Iduladha 1442 Hijriah pendaftaran nikah di KUA memang lebih banyak dari sebelumnya.

Meski di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus menghantui, para pasangan calon pengantin (catin) tetap diperbolehkan melangsungkan akad nikah baik di KUA ataupun di rumah masing-masing dengan pembatasan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved