Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kesadaran Miliki Kartu Identitas di Pangkalpinang Cukup Tinggi, Sudah di Atas Target Nasional  

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin menyebutkan, hingga saat ini penerbitan e-KTP di Disdukcapil Kota

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin menyebutkan, hingga saat ini penerbitan e-KTP di Disdukcapil Kota Pangkalpinang atau kepemilikan E-KTP sudah 99,44 persen.

Sementara target Nasional kata Darwin, 99,2 persen dimana Kota Pangkalpinang sebetulnya sudah diatas target Nasional.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk memiliki indentitas pribadi di Kota Pangkalpinang cukup tinggi.

"Alhamdulillah artinya capaian kepemilikan KTP elektronik di Pangkalpinang saat ini sudah mencapai target yang kita ditetapkan," sebut Darwin kepada Bangkapos.com, Kamis (22/6/2021).

Meskipun, capaian kepemilikan cukup tinggi, Darwin mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengejar target kepemilikan KTP-el di Pangkalpinang hingga mencapai 100 persen dengan melakukan berbagai trobosan baru.

"Sudah ada beberapa trobosan yang kami lakukan agar seluruh masyarakat di Kota Pangkalpinang memiliki kartu identitas penduduk, dan sebetulnya kesadaran masyarakat kita sendiri untuk memiliki KTP ini sudah sangat baik," jelasnya.

Masih tersisa beberapa persen yang belum memiliki kata Darwin bisa saja orang tersebut tidak berada di Kota Pangkalpinang.

"Terus ODGJ, dan disabilitas juga sedang kami buatkan program kami Disdukcapil yang akan turun ke lapangan mendata dan merekam langsung merek, sebab kalau mereka mau datang ke Capil kan tidak bisa," sebutnya.

Tak hanya itu, Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, juga sudah cukup tinggi saat ini sudah hampir 70 persen kepemilikan KIA di Pangkalpinang, dengan target Nasional sebesar 30 persen.

"Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara," ujar Darwin.

Kartu Identitas Anak (KIA) ini berisi biodata diri anak berupa NIK, Nama, Tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor kartu keluarga, nama kepala keluarga, nomor akte kelahiran, agama, kewarganegaraan, alamat lengkap, dan foto (bagi yang berusia 5 tahun ke atas).

"Dapat dipastikan anak yang memiliki KIA sudah terdaftar dalam database kependudukan dan bisa diakses secara online di-outlet pelayanan publik secara luas, contoh misal anak itu mau naik pesawat pakai KIA kartu identitasnya, syarat sekolah juga sduah ada KIA," jelasnya.

Dariwin mengatakan, dalam memaksimalkan pemanfaatan KIA dan memberikan nilai tambah, maka Disdukcapil Kota Pangkalpinang melakukan perjanjian kemitraan dengan pihak ketiga sebagai mitra bisnis yang bergerak dalam bidang tempat bermain, rumah makan, taman bacaan, toko buku, tempat rekreasi, dan usaha ekonomi lainnya.

"Kemitraan dapat berupa pemberian potongan diskon yang dapat menarik perhatian masyarakat. Kita juga sudah jalani kerjsama dengan sunat Al-Fatih Center jadi yang sunat disana bisa langsung mendapatkan KIA. Tapi saat ini kepemilikan kita sudah cukup baik tinggal ditingkatkan lagi," katanya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved