Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kini Vaksin Tersedia Lagi, Pemkot Pangkalpinang Dapat Alokasi Buffer Stok Vaksinasi dari Kemenkes RI

Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mendapatkan alokasi buffer stok vaksinasi dari Kemenkes RI sebanyak 474 vial atau 4.740 dosis. Sebelumnya

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mendapatkan alokasi buffer stok vaksinasi dari Kemenkes RI sebanyak 474 vial atau 4.740 dosis. Sebelumnya stok vaksinasi di kota ini dinyatakan habis sehingga sejumlah fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) tidak melayani penyuntikan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim menyebutkan, 474 vial vaksin itu dibagikan ke sejumlah fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di Pangkalpinang sebanyk 36 vial atau 360 dosis.

"360 dosis di Fasyankes itu hanya diperbolehkan untuk masyarakat yang akan menerima vaksin dosis kedua saja, karena sudah banyak yang mundur jadwalnya jadi kita prioritaskan yang pengu tikan kedua saja," ujar Hakim kepada Bangkapos.com, Kamis (22/7/2021).

Sementara untuk yang baru mau mendapatkan vaksinasi pertama, Hakim mengatakan masyarakat dapat mendatkan vaksin di Transmart Pangkalpinang yang tuan rumahnya Poltekes, berkoordinasi dan memakai logistik khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pusat.

"Bisa didapatkan untuk masyarakat umum  yang penting bisa mengisi link pendaftaran yang ada disana. Untuk sementara kita di Puskesmas belum nelayani vaksin pertama di Puskesmas sementara ke Transmart dulu," sebutnya.

Intinya kata Hakim, saat ini logistik memang sudah didistribusikan ke masing-masing Fasyankes dan mulai hari ini sudah bisa dilakukan penyuntikan.

"Intinya Puskesmas difokuskan untuk menyelesaikan vaksin kedua yang vaksin pertama silahkan ke Transmart," jelasnya.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang hingga kini terus mengupayakan agar stok vaksin di kota ini kembali tersedia dalam jumlah banyak, sehingga bisa melayani masyarakat.

"Kita terus msngupayakan stok vaksin ini agar terus tersedia dalam jumlah banyak, agar bisa melayani masyarakat kita semuanya. Dengan total target capaian vaksin seluruhnya minimal 70 persen," katanya.(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved