Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sejumlah Proyek Pinjaman ke SMI Telah Berjalan, Pemprov Babel Diberikan Tempo 3 Tahun Melunasi

Sistem pelunasan pinjaman diberikan tempo waktu tiga tahun, dari 2022, 2023 dan 2024 dengan dipotong dari dana alokasi umum (DAU).

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
IST/DKP Babel
Gambar Master Plan peningkatan pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sungai Batu Rusa, yang direncanakan dibangun Dinas Kelautan dan Perikanan Babel dengan anggaran Rp 33 Miliar dari pinjaman PT SMI. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemprov Bangka Belitung melakukan peminjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) sebesar Rp 245 Miliar. Sistem pelunasan pinjaman diberikan tempo waktu tiga tahun, dari 2022, 2023 dan 2024 dengan dipotong dari dana alokasi umum (DAU).

Perusahaan plat merah ini memberikan pinjaman kepada sejumlah daerah untuk memulihkan kondisi perekonomian terdampak pandemi Virus Corona (Covid-19).

Pinjaman diberikan terkait program pemulihan ekonomi nasional (PEN) kepada daerah terdampak Covid-19 dan PT SMI mendapat mandat dari pemerintah untuk membantu.

Baca juga: Sedih Tak Dapat Bantuan Beras PPKM, Dua Warga Kecamatan Gabek Pulang dengan Tangan Hampa

Baca juga: Mulkan Apresiasi Kajati Babel Selamatkan Aset Pemkab Bangka Pantai Parai Senilai Rp 120 Miliar

Sebanyak tiga proyek strategis yang akan dilaksanakan Pemprov Babel dari anggaran peminjaman ke PT SMI dari pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sungai Batu Rusa hingga pembangunan gedung banker radio theraphy dan alkes RSUD Ir. Soekarno.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bangka Belitung, Dasminto mengatakan, untuk pembangunan penambahan sarana dan prasarana Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sungai Batu Rusa telah selesai proses lelang dilakukan Unit Layanan Pengadaan (ULP).

"Jadi PPI ini akan lebih bagus dibangun di kawasan pelabuhan Sungai Batu Rusa. proses tender atau lelang di ULP sudah berjalan dan sudah ada pemenangnya," jelas Dasminto kepada Bangkapos.com, Kamis (22/7/2021).

Dia mengatakan Inspektorat Babel, selanjutkan akan melakukan review bersama BPKP Babel sebelum Dinas Kelautan dan Perikanan Babel memulai melakukan pembangunan.

"Kami sudah koordinasi dengan pokja, untuk memastikan proses tender sesuai dengan peraturan yang ada. Tinggal review dan Minggu depan tanda tangan kontrak," lanjutnya.

Untuk pelaksanaan pembangunan PPI, Dasminto mengatakan ditargetkan selesai pada pertengahan Desember 2021 mendatang, dengan sistem pembayaran menunggu pencairan dari PT SMI.

"Desember paling lambat batas waktu pembangunanya. Nilai proyeknya masih sama Rp 33 miliar cuman tidak bisa membangun semuanya seperti diharapkan dari awal pengkajian," jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved