Breaking News:

Syarat Mendapatkan Subsidi Upah atau Subsidi Gaji bagi Pekerja, Berapa Besarannya?

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar 1 juta per bulan kepada para pekerja pada tahun 2021.

Editor: fitriadi
kolase Kompas.com
Ilustrasi bantuan subsidi upah atau subsidi gaji akan dilanjutkan dalam waktu dekat di tahun 2021. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Kabar gembira untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan subsidi gaji kepada para pekerja pada tahun 2021.

Selain untuk meningkatkan daya beli masyarakat, subsidi gaji ini juga diharapkan dapat membantu pekerja yang dirumahkan.

Pemerintah telah menetapkan kriteria pekerja yang akan mendapatkan BSU, termasuk soal jumlah bantuan yang akan diberikan.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan bahwa kebijakan BSU dikeluarkan untuk mencegah pengusaha memutuskan hubungan kerja dengan pekerjanya.

Selain itu, kata Ida Fauziyah, subsidi gaji ini diharapkan dapat membantu pekerja yang dirumahkan.

"Pemberian BSU diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja/buruh," kata Ida Fauziyah, dikutip dari Kemnaker.go.id.

"Adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19," kata Ida.

Ida berharap, dengan adanya subsidi gaji dapat meringankan beban perusahaan, sehingga pengusaha dan pekerja/buruh dapat terus melakukan dialog sosial bipartit guna mencari solusi bersama di tengah pandemi.

"Melalui BSU ini, kita berharap hubungan industrial yang harmonis dan kondusif di perusahaan terjaga. Sehingga sekali lagi, PHK dapat terhindarkan," ungkap Ida.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved