Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Zona Merah, Kadisdik Tegaskan PTM Terbatas Dapat Dilakukan

Menurutnya, PTM terbatas dapat dilakukan selama ada izin dari orangtua siswa dan pemerintah daerah setempat.

Penulis: Magang1 | Editor: khamelia
(Bangkapos/Cepi Marlianto)
Kepala SMP N 1 Pangkalpinang, Arman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Eddy Supriadi mengatakan, setiap satuan pendidikan di daerah yang masuk dalam kategori zona merah tetap bisa melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Menurutnya, PTM terbatas dapat dilakukan selama ada izin dari orangtua siswa dan pemerintah daerah setempat.

"Kita tidak lagi melihat zona merah, hijau ataupun oranye. Walaupun kasus Covid-19 meningkat juga tidak masalah. Kebijakan nasional itu hanya Jawa dan Bali, diluar daerah itu bisa PTM terbatas," kata dia kepada Bangkapos.com, Jumat (23/7/2021).

Diakui Eddy, saat ini memang ada beberapa satuan pendidikan seperti SD dan SMP yang sudah mulai melakukan PTM terbatas.

Saat ini sitem pembelajaran yang digunakan dalam PTM terbatas yakni dengan mengkombinasikan belajar tatap muka dan belajar dalam jaringan atau daring.

"Kita menghitung hari efektif belajar, selama dua semester itu ada 243 hari. Jadi ada 120 hari tatap muka dan 123 hari daring," terang Eddy.

Lanjut Kadisdik, terkait aturan teknis sendiri tetap mengacu pada protokol kesehatan ditetapkan.

Terutama pengaturan rombongan belajar (rombel) di dalam kelas, ketika siswa datang ke sekolah untuk mengikuti PTM terbatas.

"Harinya juga kita tentukan, hari Senin, Selasa, Rabu tatap muka. Kamis, Jumat, Sabtu daring begitu. Tatap muka maksimal 50 persen per rombel, kalau siswanya banyak sekitar 25 persen," ungkapnya. 

Dengan begitu setiap siswa hanya mendapatkan kesempatan PTM terbatas di sekolah sebanyak tiga hari saja. Terkait lama belajar di dalam kelas, pihaknya juga mengaturnya selama dua jam per hari. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved