Breaking News:

Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN SAS Babel, Raih Akreditasi “Baik” dari BAN-PT

Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Babel akhirnya berhasil meraih Predikat Akreditasi Baik dari BAN-PT.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring

BANGKAPOS.COM - Setelah dilaksanakannya Asesmen Lapangan (AL) Daring, Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung akhirnya berhasil meraih Predikat Akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Predikat Akreditasi ini berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 970/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2021 tanggal 21 Juli 2021. Sertifikat Akreditasi Ini berlaku selama 5 (Lima) Tahun,  tanggal 21 Juli 2021 sampai dengan 21 Juli  2026, ditandatangani oleh Direktur Dewan Ekskutif BAN-PT Prof. T Basarudin.

Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag  menegaskan bahwa pencapaian akreditasi “Baik” dari Prodi Tadris Bahasa Inggris  Fakultas Tarbiyah merupakan cerminan wujud kerja keras semua pihak dalam meraih akreditasi “Baik”.

“Alhamdulillah, hasil ini merupakan cerminan wujud kerja keras semua pihak, mulai dari dosen, karyawan dan tentunya mahasiswa Prodi TBI Semoga kita dapat menjaga kepercayaan masyarakat dan amanah dalam menyandang predikat ini,” pungkas Rusydi saat di wawancarai, Jumat (23/07/2021).

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Hadarah, M.Ag menyampaikan ucapan syukur karena prodi TBI sudah memperoleh skor 302 sehingga diberikan predikat “Baik”.

Ia berharap Prodi TBI tetap terus eksis bersaing dengan prodi-prodi lain, baik di lingkup IAIN SAS Babel maupun dengan prodi-prodi di kampus ternama lainnya.

“Puji syukur kehadirat Allah swt, bahwa ini adalah hasil kerja keras bersama dan tentu beliau sangat bangga dan terharu dengan adanya kabar baik ini. Berdasarkan ketetapan BAN-PT bahwa terbitnya akreditasi itu merupakan anugerah untuk kita semua dan hadiah terindah bagi keluarga besar Prodi TBI. Selamat buat TBI, terus berkerja keras agar ke depannya dapat meningkatkan kembali akreditasinya menjadi “Baik Sekali” dimasa mendatang,” harap hadarah.

Hadarah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor Dekan dan LPM, LP2M, Wakil Dekan, Prodi TBI, Dosen dan Karyawan serta mahasiswa dan seluruh civitas akademika Fakultas Tarbiyah yang telah membantu Prodi TBI hingga mendapatkan akreditasi “Baik”.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, akreditasi perguruan tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Dalam peraturan tersebut BAN PT telah mengeluarkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 ini lebih memudahkan perguruan tinggi dalam pelaporan status akreditasi perguruan tinggi maupun program studi. Instrumen ini telah didukung oleh teknologi monitoring yang menyeluruh dan pembinaan perguruan tinggi yang lebih baik. Perubahan ini didasari banyaknya perubahan pada tantangan masyarakat, kompetensi baru, dan dunia kerja yang sudah berubah.

Satu perubahan pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditasi, tutup Hadarah.

Penulis : Ayaknan

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved