Breaking News:

Tak Hanya Durian Tai Babi, Inilah Jenis Durian Bangka yang Lezat Wajib Anda Coba

Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Tengah, yang merupakan daerah sentra penghasil durian di Kepulauan Bangka Belitung

Penulis: Magang6 | Editor: Iwan Satriawan
Bangkapos.com
Durian Bangka 

BANGKAPOS.COM- Bagi anda yang pecinta durian, jangan sampai tak mencoba jenis durian yang ada di pulau Bangka. 

Di Kepulauan Bangka Belitung, komoditas durian menyimpan potensi yang besar sebagai salah satu penggerak ekonomi dari sektor pertanian khususnya hortikultura. 

Perlu diketahui, bahwa di Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Tengah, yang merupakan daerah sentra penghasil durian di Kepulauan Bangka Belitung.

Banyak jenis durian yang ada di Bangka, tak hanya durian tai babi.

Tetapi ada juga jenis lainnya seperti cumasi, super tembaga klamunod, jantung, dan susu. 

Durian Cumasi atau Namlung atau
Durian Cumasi atau Namlung atau "Tai Babi" (Youtube sahabat traveller)

Ada banyak jenis durian yang dijajakan pedagang.

Namun yang menarik perhatian adalah durian kelas "premium" yang diberi nama Cumasi. Durian ini disebut juga dengan durian Namlung atau Tai Babi.

Salah satu lokasi kegiatan eksplorasi dan inventarisasi sumber daya genetik durian di Provinsi Bangka Belitung adalah di kabupaten Bangka Barat. 

Di kabupaten Bangka Barat, eksplorasi dan karakterisasi durian lokal dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu Desa Air Belo Kecamatan Muntok, Desa Jebus Kecamatan Jebus, dan Desa Pabuar Kecamatan Jebus.

Dari ketiga lokasi ini diperoleh delapan aksesi durian lokal, masing-masing sebanyak 1 aksesi di Desa Air Belo (durian Super Tembaga), 4 aksesi di Desa Jebus (durian Tringgiling, Si Beruk, Si Bawang, Si Terong, dan Sirsak), dan 3 aksesi di Desa Pabuar (durian Sirsak, Raja Kembang, dan Kunyit).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved