Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Jumlah Kasus Lebih Banyak, Pangkalpinang Tak Terapkan PPKM Darurat Level IV, Ini Penjelasan Mikron

Covid-19 di Pangkalpinang lebih besar dibanding Belitung, Belitung Timur dan Bangka Barat, namun Pangkalpinang Tak terapkan PPKM Darurat Level IV

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Istimewa
Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Kapolda Babel saat memimpin rapat koordinasi persiapan penerapan PPKM Darurat di Mapolda Babel, Sabtu (24/07/2021). Kota Pangkalpinang dengan kasus lebih tinggi tak diberlakukan PPKM Darurat lantaran memiliki layanan kesehatan yang dirasa cukup 

BANGKAPOS.COM , PANGKALPINANG - Tiga Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung, yaitu Bangka Barat, dan dua kabupaten di Belitung yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur diputuskan untuk menerapkan PPKM Darurat Level IV.

Kebijakan ini terkesan aneh, sebab jumlah kasus tersebut jauh lebih rendah dibanding kasus di Bangka Selatan, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, terutama Kota Pangkalpinang yang justru tidak diterapkan PPKM Darurat Level IV.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa memiliki penjelasan terkait kebijakan ini.

Mikron mengakui jumlah kasus harian di ketiga kabupaten yang akan menerapkan PPKM Darurat Level IV di Babel tak sebanyak kasus di kabupaten lain, utamanya di Kota Pangkalpinang.

Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.
Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Namun alasan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai menjadi alasan Kota Pangkalpinang, tidak diterapkan PPKM Darurat Level IV.

“Satu yang menjadi penentu adalah jumlah pertumbuhan kasus, namun ketersediaan fasilitas kesehatan, jumlah nakes sehingga penanganan bisa berlangsung dengan baik menjadi pertimbangan lain sehingga Kota Pangkalpinang tidak harus menerapkan PPKM Darurat Level IV,” kata Mikron.

Mikron menambahkan, posisi Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka secara akses memungkinkan untuk tercukupinya layanan kesehatan. Sementara untuk Bangka selatan memang dilihat dari kasusnya masih tergolong Level III.

Sebelumnya, Pemerintah tampaknya benar-benar serius untuk menerapkan PPKM Darurat di luar Jawa Bali mulai 26 Juli 2021 mendatang. Rencananya, PPKM Darurat di luar Jawa Bali ini akan berlaku mulai 26 Juli 2021 dan berakhir pada 8 Agustus 2021 mendatang.

Bangkapos.com memperoleh data bahwa PPKM Darurat level IV ini hanya akan diberlakukan di 19 provinsi dan 37 Kabupaten / Kota, namun dalam perkembangannya, data terbaru yang diperoleh PPKM Darurat Level IV ini akan diberlakukan di 21 Provinsi meliputi 45 Kabupaten Kota.

Berikut daftar lengkap provinsi dan Kabupaten Kota yang akan diterapkan PPKM Darurat Level IV:

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved