Breaking News:

PPKM Diberlakukan di Seluruh Indonesia dari 26 Juli Hingga 8 Agustus, Bedanya Ada di Levelnya

PPKM Darurat menjadi kebijakan untuk menekan penularan virus covid-19 yang akan diberlakukan di seluruh Indonesia mulai 26 Juli hingga 8 agustus 2021

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Tribunnews/Herudin
Ilustrasi PPKM Darurat di Jakarta. Mulai 26 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021 mendatang PPKM darurat ini akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. 

BANGKAPOS,COM, PANGKALPINANG - Teka-teki tentang kebijakan PPKM Darurat apakah masih tetap diberlakukan di Jawa Bali setelah pemerintah pusat juga menerapkan hal yang sama di 21 Provinsi dan 45 Kabupaten / Kota di luar Jawa akhirnya terjawab.

Kebijakan PPKM Darurat menjadi nomenklatur atau istilah baru untuk penanganan covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Meski belum diumumkan secara resmi hingga berita ini diturunkan, namun penerapan menyeluruh PPKM darurat mulai 26 Juli 2021 hingga 8 agustus 2021 ini terungkap dari rapat koordinasi persiapan penerapan PPKM Darurat di Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang digelar di Mapolda Babel, Sabtu (24/07/2021).

Rapat koordinasi persiapan penerapan PPKM Darurat di Babel ini digelar sehari menjelang berakhirnya penerapan PPKM Darurat di Jawa Bali dan 15 Kabupaten Kota di luar Jawa yang sudah diputuskan melalui Instruksi Mendagri sebelumnya.

Baca juga: Mulai 26 Juli-8 Agustus, Penerapan PPKM Darurat Level IV, Pulau Kalimantan Terbanyak, Ini Datanya

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, yang juga Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa menyebutkan, PPKM Darurat saat ini menjadi strategi dan kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia.

“Jadi PPKM Darurat ini akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk Bangka Belitung. Yang membedakan saat ini adalah levelnya saja,” kata Mikron Antariksa, Sabtu (24/7/2021).

Mikron menegaskan, jika dulu namanya PPKM Darurat, kini namanya diubah menjadi PPKM level 3-4.
“Berlaku di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jawa dan Bali dan mulai berlaku mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021,” tegas Mikron.

Mikron menegaskan, meski menggunakan numenklatur yang sama, yaitu PPKM, namun sesuai instruksi Mendagri, ada beberapa kelonggaran dalam pelaksanannya. Pelonggaran ini diberikan sesuai dengan masukan dari sejumlah elemen masyarakat.

Baca juga: PPKM Level IV di 3 Kabupaten di Bangka Belitung Dimulai 26 Juli, Syarat Terbang Bakal Diperketat

Pelonggaran ini menurut Mikron juga dilakukan untuk penerapan di Bangka Belitung. Hal ini mengakomodasi keunikan di masing-masing wilayah.

“Dalam rapat dengan Forkopimda, stakeholder terkait, dipimpin Gubernur dan Kapolda Babel, maka kebijakan PPKM Darurat ini akan diselaraskan dengan karakteristik Bangka Belitung namun tetap berpedoman pada instruksi Mendagri,” kata Mikron.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved