Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

PPKM Darurat Level IV Berlaku, Syarat Terbang dari dan ke Bangka Belitung Juga Akan Diperketat

Selain di bandara, dokumen perjalanan yang dibutuhkan melalui Muntok juga akan menyesuaikan dengan yang diatur dalam PPKM Darurat Level IV

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Ist/Lion Air
LION AIR - Pihak Lion Air melakukan sterilisasi terhadap kabin peawat sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam regulasi penerbangan di masa pandemi. Terbaru, pemberlakukan PPKM Darurat Level IV juga berakibat pada pengetatan dan tambahan syarat bagi pelaku perjalanan dari dan ke wilayah yang memberlakukan PPKM darurat level IV 

BANGKAPOS.COM , PANGKALPINANG - Hampir pasti, tiga Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur akan menerapkan PPKM Darurat Level IV mulai Senin 26 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021.

Menurut Instruksi Mendagri Nomor 22/2021, tentang pemberlakukan PPKM Darurat Level IV ini akan mengatur sejumlah aktivitas, satu di antaranya adalah dokumen perjalanan keluar masuk wilayah yang menerapkan PPKM Darurat Level IV.

Dikonfirmasi soal ini, Mikron Antariksa, Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung memastikan bahwa PPKM Darurat Level IV diberlakukan maka akan mempengaruhi syarat-syarat dokumen perjalanan dari dan ke Bangka Belitung.

“Sesuai dengan Instruksi Mendagri No 22/2021, PPKM Darurat memang akan mempengaruhi persyaratan perjalanan dari dan ke wilayah yang menerapkan kebijakan PPKM Darurat Level IV. Kita masih menunggu petunjuk teknis soal ini,” kata Mikron.

Tak hanya di bandara, Mikron juga memastikan bahwa kebijakan di pelabuhan Muntok juga akan menyesuaikan dengan Instruksi Mendagri tersebut.

Sebagaimana diketahui di dalam Instruksi Mendagri No 22/2021 menyebutkan bahwa syarat perjalanan yang masuk maupun ke luar wilayah yang menerapkan PPKM Darurat, maka dibutuhkan dokumen tes bebas covid-19 melalui tes PCR, sertifikat vaksin dan persyaratan lainnya.

Soal detailnya, Mikron mengaku masih menunggu kebijakan teknisnya. “Kita masih menunggu kebijakan detail dan teknisnya,” kata Mikron.

Sebagaimana diketahui, Tiga Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung, yaitu Bangka Barat, dan dua kabupaten di Belitung yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur diputuskan untuk menerapkan PPKM Darurat Level IV.

Kebijakan ini terkesan aneh, sebab jumlah kasus tersebut jauh lebih rendah dibanding kasus di Bangka Selatan, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, terutama Kota Pangkalpinang yang justru tidak diterapkan PPKM Darurat Level IV.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa memiliki penjelasan terkait kebijakan ini.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved