Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Harga Lada Terkini Rp85 Ribu Per Kilogram, Ellen Sebut Pasca Lebaran Masih Sepi Penjual 

Menurut pria yang tinggal di Jalan Baru atau Ahmad Yani Kota Pangkalpinang itu menyebutkan, pasca lebaran belum ada penjual lada ke tempatnya. 

Penulis: Widodo | Editor: khamelia
Widodo
Ellen (baju hitam) pembeli lada di samping Ramayana Plaza Pangkalpinang tampak duduk dan mengobrol bersama teman sembari menunggu para penjual lada. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ellen pembeli lada di samping Ramayana Plaza Pangkalpinang tampak duduk sembari menunggu para penjual lada. 

Sampai waktu siang, para penjual lada pun tak kunjung datang. Akhirnya Ellen hanya meluangkan waktu mengobrol dengan temannya. 

Menurut pria yang tinggal di Jalan Baru atau Ahmad Yani Kota Pangkalpinang itu menyebutkan, pasca lebaran belum ada penjual lada ke tempatnya. 

"Pasca lebaran ini belum ada yang menjual lada ke sini. Biasanya kalau sepi kayak gini sampai tengah hari saja nunggunya," ujar Ellen kepada Bangkapos.com, Minggu (25/7/2021).

Kata Ellen, banyak masyarakat yang masih beralih ke timah, sehingga antusiasme terhadap komoditas lada saat ini mulai menurun. 

"Kalau setelah lebaran ini masyarakat lebih banyak menambang karena harga timah mahal, karet dan sawit mahal sehingga barangnya (lada-red) kurang," jelas Ellen.

Terlebih katanya dalam perawatan terhadap komoditas lada cukup memakan waktu sampai ke panen. 

"Terlepas karena itu, lada juga prosesnya lebih lama ke tahap panen. Dan untuk modalnya juga lumayan, belum lagi kalau gagal panen membuat petani rugi," sebutnya.

Kendati demikian, lanjut Ellen sekitar satu Minggu sebelum lebaran ada warga yang menjual lada ke tempatnya.

"Terakhir mereka ada jual lada (sahang) seminggu sebelum hari raya Idul Adha 1442 H, ada yang jual 500 Kilogram, ada yang 100 Kilogram, tetapi tidak tiap hari," katanya.

Dia menuturkan, biasanya para penjual lada paling tidak sekitar 2 Minggu setelah lebaran, itupun jika ada pasti tidak banyak.

"Paling tidak mereka jual sahang (lada) 2 Minggu setelah lebaran karena yang jualnya banyak dari kampung seperti wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Kalau sekarang masih sepi belum ada penjual," terangnya.

Diketahui, harga lada di tempat Ellen Rp85.000 per kilogram. Harga tersebut naik sejak 2 Minggu sebelum lebaran idul Adha tahun 2021. 

"Harga lada sekarang Rp85.000 per kilogram, harganya naik sejak 2 Minggu sebelum lebaran, sebelumnya Rp82.000 per kilogram," tutupnya.

Bangkapos.com / Widodo (T4) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved