Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

PPKM Level IV, Pemprov Babel Berencana Aktifkan Gedung Asrama Haji dan BLKI Jadi Tempat Isolasi

Pemerintah pusat telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di tiga kabupaten di Bangka Belitung (Babel) yang dimula

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
Bangka Pos/DOK
Gubernur Babel Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah pusat telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di tiga kabupaten di Bangka Belitung (Babel) yang dimulai 26 Juli 2021.

Tiga kabupaten yang ditetapkan memberlakukan PPKM level IV yakni, Belitung, Belitung Timur (Beltim) dan Bangka Barat (Babar).

Seiring adanya PPKM tersebut, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, berencana akan kembali mengaktifkan tempat isolasi mandiri dari asrama haji dan gedung Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Disnaker Pemprov Babel sebagai tempat isolasi mandiri.

"Menjadi pemikiran kami kembali, untuk membantu kabupaten/kota juga akan buka asrama haji, asrama di Disnaker, kemudian ada beberapa sekenario lainya disiapkan," kata Erzaldi Rosman, Minggu (25/7/2021) 

Selain itu, menurutnya ada rencana hotel akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri dan pemberlakuan seluruh rumah sakit pemerintah sebagai rumah sakit penanganan Covid-19 dan rumah sakit swasta menjadi tempat pasien umum.

"Senin besok kita rapatkan, mengenai hotel dengan PHRI bagaimana harganya, kemudian dengan komunitas event organizer, berkenaan pelaksanaan perkawinan dan acara. Kami juga mengundang komunitas pedagang kaki lima minta masukan terkait kebijakan yang dibuat nanti,"katanya.

Erzaldi, juga menyimggung berkaitan aktivitas perkantoran yang masuk Wilayah PPKM Level IV harus melaksanakan kegiatan work from office 100 persen.

"Pada Level IV semua kantor harus WFH, tetapi kalau level tiga masuk kantornya hanya 25 persenya. Jadi nanti Pemerintah Provinsi Babel sudah mulai 25 persen, karena Pemprov berada di Pangkalpinang dan ini harus diikuti oleh kabupaten/kota untuk perkantoranya,"harapnya.

Sementara, Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19  Babel, Mikron Antariksa, mengatakan, untuk aturan  pembatasan secara lengkap dari penerbangan dan aktivitas lainya, Satgas Babel masih menunggu aturan dari Kemendagri  berkaitan pemberlakuan PPKM level IV di luar pulai Jawa-Bali.

Menurutnya aturan mengenai Intruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021 baru mengatur soal PPKM darurat level IV di wilayah Jawa-Bali, bukan untuk wilayah luar Jawa-Bali seperti Babel. Sehingga perlu aturan terbaru berkaitan PPKM darurat atau level IV di tiga wilayah Babel yang ditetapkan pemerintah pusat.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved