Breaking News:

TV Digital

Tak Beralih ke TV Digital, Mulai 17 Agustus Masyarakat di Daerah Ini Tak Bisa Lihat Tayangan TV Lagi

Mulai 17 Agustus Masyarakat diharapkan beralih ke TV Digital.Apabila tidak segera migrasi ke TV Digital, tidak akan bisa menikmati tayangan di TV.

Editor: M Zulkodri
dok. Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo
Ahmad M. Ramli, Direktur Jenderal PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan paparan dalam Sosialisasi TV Digital 2021 Dukung Migrasi TV Digital Indonesia, Selasa, 6 Juli 2021. 

BANGKAPOS.COM--Mulai tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog.

Digantikan dengan penyiaran secara digital.

Hal ini diatur dalam Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengamanatkan penghentian penyiaran analog dan migrasi ke penyiaran digital (Pasal 72 angka 8, sisipan Pasal 60A Undang-undang Penyiaran).

Oleh sebab itu masyarakat diharapkan beralih ke TV Digital.

Apabila tidak segera migrasi ke TV Digital, tidak akan bisa menikmati tayangan di TV.

Namun, pengguna TV analog tidak harus mengganti TV analognya menjadi TV digital.

Mereka cukup membeli/memasang set top box (STB) DVB-T2 untuk menikmati siaran TV digital di Indonesia.

Pelaksanaan teknis penghentian Analog Switch off (ASO) atau digitalisasi penyiaran ini diatur melalui peraturan menteri Kominfo nomor 6 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Penghetian siaran televisi analog ini akan dilakukan di seluruh Indonesia yang dilakukan secara bertahap mulai 17 Agustus dan paling lambat 2 November 2022 mendatang.

Proses pemasangan Set Top Box (STB) di Banten, Juni 2021. Televisi lama pun tetap dapat digunakan untuk mendapatkan layanan siaran televisi digital dengan hanya menambahkan perangkat Set Top Box (STB).
Proses pemasangan Set Top Box (STB) di Banten, Juni 2021. Televisi lama pun tetap dapat digunakan untuk mendapatkan layanan siaran televisi digital dengan hanya menambahkan perangkat Set Top Box (STB). ((Dok. Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Kemenkominfo))

Ditegaskan, tahapan ASO dilakukan lima tahap berdasarkan wilayah, dengan batas waktu seluruhnya tak melewati 2 November 2022 pukul 24.00 WIB. Rincian masing-masing tahapan antara lain:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved