Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Tim Gabungan Swab 86 Pengunjung di Tiga Tempat, Satu Orang Positif Covid-19  

Tim Gabungan terus berupaya menekan penyebaran Virus Covid-19 di tengah masyarakat Pangkalpinang. Penekanan itu dilakukan melalui Operasi Kegiatan

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Tim Gabungan swab di tempat pengunjung di Jalan Jembatan Emas, Kota Pangkalpinang, Minggu (25/7/2021). (Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Tim Gabungan terus berupaya menekan penyebaran Virus Covid-19 di tengah masyarakat Pangkalpinang. Penekanan itu dilakukan melalui Operasi Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) dan Yustisi, Sabtu (24/7/2021) hingga Minggu (25/7/2021) dini hari.

Tim tergabung atas Polres Pangkalpinang, Kodim 0414/ Bangka, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan Pangkalpinang dan Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Pangkalpinang. Sasarannya di tiga tempat tongkrongan di Pangkalpinang.

Operasi Gabungan dipimpin oleh Pasi Ops Kodim 0413/Bangka, Kapten P Ginting, Kabag Ops Polres Pangkalpinang AKP Andri Eko Setiawan dan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Saat operasi berlangsung dilakukan swab antigen di tempat.

Para pengunjung di Caffee LA Ayam Geprek Jalan Ahmad Yani, Tamansari, Pangkalpinang, langsung diswab. Sebanyak 16 orang yang diswab antigen di tempat semuanya negatif.

Setelah dari sana, petugas langsung menuju ke sasaran berikutnya, di Tempat Jajanan Telok Atok, atau di Jalan Jembatan 12, Pintuair, Rangkui, Pangkalpinang. Di tempat ini sebanyak 31 orang dinyatakan negatif Covid-19.

Selanjutnya, petugas menuju ke Jembatan Emas, Pangkalpinang. Di tempat tersebut dipenuhi oleh muda-mudi yang nongkrong. Saat petugas datang terlihat para pengunjung kocar-kacir guna menghindari para petugas.

Di antara sekian banyak pengunjung yang kabur, petugas berhasil memberhentikan sebanyak 39 orang. Mereka semua diswab antigen. Di antara 39 orang itu, satu orang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga langsung dibawa ke Wisma Karantina Pangkalpinang.

"Total sebanyak 86 orang diswab antigen di tempat, satu terkonfirmasi positif Covid-19, berinisial R, yang bersangkutan kami langsung bawa ke Wisma Karantina, untuk di isolasi di sana," kata Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suprihatin, di Jembatan Emas, Pangkalpinang, Minggu (25/7/2021) dini hari

Kata Suprihatin, R (23) sudah mengetahui hasil swab antigennya positif, sejak lima hari lalu. R merupakan Warga Muntok, Bangka Barat ini, tinggal di Kelurahan Opas Indah, statusnya kuliah di Pangkalpinang.

"Sudah kami data untuk kami tracking, sementara temannya ada tiga orang negatif, karena mereka di dalam mobil bersama R, dan kami juga akan tracking ke tempat tinggalnya di Opas," ujarnya

Menurutnya, berdasarkan keterangan, R sudah merasakan ada gejala yang tak nyaman terhadap tubuhnya, sejak lima hari. Setelah diswab antigen di Jembatan Emas, saat Operasi KRYD dan Yustisi, hasilnya positif. "Untuk bersangkutan langsung kami bawa," katanya

Pasi Ops Kodim 0413/Bangka, Kapten P Ginting, mengatakan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 di Pangkalpinang. Sebanyak tiga tempat telah diswab dan masih ada ditemukan positif.

"Di dua tempat kami swab negatif. Di tempat ketiga ini kami agak kecewa karena masih ditemukan yang terkonfirmasi positif. Kami akan lakukan terus kegiatan ini guna mengupayakan pencegahan Virus Corona di tengah masyarakat, sehingga berkurang," kata Kapten P Ginting.

Ke depannya, kegiatan serupa akan digelar, namun sasaran yang lainnya, dan waktu yang tidak ditentukan sehingga saat menggelar kegiatan, tidak diketahui oleh para pengunjung yang sedang asik nongkrong. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved