Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Cair Lagi, Disalurkan Mulai Hari Ini Sebesar 600 Ribu Rupiah

Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 14-15 yang sudah mulai dicarikan hari ini, Senin (26/7/2021).

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Ist/Azmat
Foto kolase penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI secara door to door oleh petugas Kantor Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 14-15 yang sudah mulai dicarikan hari ini, Senin (26/7/2021).

Sebelumnya bantuan senilai Rp300 ribu itu sempat terhenti sejak bulan April lalu. Kini dilanjutlan kembali dibayarkan dua tahap untuk bulan Juli dan Agustus sebesar Rp600 ribu.

Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang Azmat Nuzul Pasa menyebutkan, syarat mencairkan BST tetap sama seperti sebelumnya yaitu Keluarga Pemerima Manfaat (KPM) cukup membawa bukti diri berupa KTP atau KK asli dan dapat diwakilkan anggota keluarga yang tertera dalam 1 KK.

"Alokasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap 14 dan 15 kali ini adalah 29.778 KPM untuk Provinsi Bangka Belitung," kata Azmat kepada Bangkapos.com, Senin (26/7/2021).

“Sementara ini alokasi di pulau bangka sebanyak 22.477 KPM dan untuk pulau belitung 7.301 KPM, apakah nanti ada penambahan atau tidak masih menunggu dari Kemensos RI dan satgas pusat,” katanya menambahkan.

Kata Azmat, BST Kemensos RI masa bayar 14-15 tahun 2021 mulai disalurkan oleh Kantor Pos Pangkalpinang sejak hari ini.

"Berbeda dengan tahap-tahap sebelumnya, kali ini keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu Karena pada bulan ini dibayarkan dua tahap sekaligus yang disalurkan yaitu tahap 14 dan 15 tahun 2021. Dimana besaran bantuan per tahap adalah Rp300 ribu," jelasnya.

Azmat mengatakan, ada  4 cara penyaluran BST yang disediakan oleh Kantor Pos Pangkalpinang dalam menyalurkan BST yaitu penyaluran di Kantor Pos terdekat, Komunitas (Kecamatan dan Desa), door to door untuk disabilitas dan lansia serta dengan transfer ke rekening Pos Pay masing-masing KPM yang sudah menginstall aplikasi Pos Pay melalui playstore atau i-store.

"Untuk penyaluran tidak berbeda, kita tetap melakukan 4 cara yaitu di Kantor pos terdekat, komunitas, door to door dan transfer ke rekening Pos Pay. Untuk di Kantor Pos Pangkalpinang melayani hingga pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina menyebutkan, untuk Kota Pangkalpinang sendiri ada sekitar 4.900an keluarga penerima manfaat (KPM) yang kembali menerima BST dari Kemensos RI.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved