Breaking News:

Berita Sungailiat

Pembukaan MTQH Bangka, 251 Peserta Siap Bersaing Mewakili Kabupaten ke Tingkat Provinsi  

Hari ini, Senin (26/7/2021) Pembukaan MTHQ Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2021 digelar di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Bangka. Sebanyak 251 Pes

Penulis: Magang2 | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Pembukaan MTQH Kabupaten Bangka Tahun 2021 Di Gedung Sepintu Sedulang. (Bangkapos/Arya Bima Mahendra) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Hari ini, Senin (26/7/2021) Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Hadis (MTQH) Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2021 digelar di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Bangka. Sebanyak 251 Peserta MTQH tingkat Kabupaten Bangka siap berlomba selama lima hari ke depan.

Para pesertanya terdiri atas anak-anak, remaja, hingga dewasa dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. Peserta akan saling berlomba sejak Tanggal 26 Juli - 30 Juli 2021.

Perlombaan tersebut dilangsungkan di dua tempat yang berbeda yakni di Gedung Sepintu Sedulang dan Hotel Novilla Resort and Boutique.

Terdapat delapan macam cabang yang akan dilombakan, yakni Tilawah Quran, Murattal Qiraat Al-Quran, Tahfidz Al-Quran, Tartil Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Syarhil Al-Quran, Tafsil Al-Quran, Karya Tulis Ilmiah Al-Quran dan Hadist Nabi, Khat Al-Quran.

Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Mulkan, Kepala OPD Bangka, Polres Dan Kodim Bangka dan masih banyak lagi.

Ketua Panitia Kegiatan, Teddy Sudarsono menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Program Pemkab Bangka dalam memberantas buta Al-Quran.

"Supaya bisa memasyarakatkan Al-Quran di tengah kehidupan serta memberi kesempatan kepada generasi muda yang berprestasi dalam membaca, menulis, menghafal dan memahami Al-Quran," jelasTeddy, Senin (26/7/2021).

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mencari perwakilan MTBQ dari Kabupaten Bangka yang akan diikutkan untuk MTBQ tingkat provinsi Tahun 2022 mendatang.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan tidak ada lagi anak-anak ataupun generasi muda di kabupaten Bangka yang buta aksara Al-Quran.

"Mari kita bersama-sama mensyiarkan Rukun Islam dan memperteguh keimanan kepada Allah SWT," kata Mulkan.

Mulkan mengajak kepada seluruh masyarakat terkhususnya kepada para orangtua untuk mengenalkan dan mengajari anak-anaknya untuk membaca dan memahami Al-Quran.

"Usia anak-anak adalah momentum yang tepat untuk kita mengajarkan Al-Quran, karena kalau sudah dewasa dan lanjut usia memori untuk belajar sudah tidak optimal lagi," katanya. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved