Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

PPKM Darurat Level IV, Begini Syarat Perjalanan Antar Pulau, PCR Berlaku 4x24 Jam, Dimulai Besok  

Pulau Belitung yang terdiri dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) termasuk dari tiga kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19, Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa.(Bangkapos.com/Riki Pratama) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pulau Belitung yang terdiri dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) termasuk dari tiga kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level IV.

Sesuai kebijakan terbaru, syarat penerbangan, pelaku perjalanan harus melampirkan dokumen negatif tes PCR untuk bepergian keluar atau masuk pulau Belitung.

Namun, seperti diketahui Pulau Belitung belum memiliki layanan untuk tes PCR, baik itu di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Saat berita ini diupdate pukul 20.00, Bangkapos.com memperoleh informasi bahwa ada diskresi untuk penerbangan dari Belitung ke Bangka yang boleh menggunakan Swab Antigen. Namun kebijakan itu tak berlaku untukpenerbangan sebaliknya, yaitu PGK ke TJQ. 

Baca juga: Terbang dari Belitung ke Pangkalpinang Cukup Swab Antigen, Tapi untuk PGK - TJQ Harus Pakai Tes PCR

Menyikapi kondisi tersebut, Sekretaris, Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan akan ada ketentuan perjalanan khusus terkait dokumen tes PCR negatif.

"Untuk penerbangan Belitung, sudah saya sampaikan ke pak gubernur, terkait Bangka dan Belitung, karena Belitung masuk PPKM Level IV, persyaratan sesuai Imendagri Nomor 25, harus PCR untuk masuk keluar Belitung," ujar Mikron saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Senin (26/7/2021).

Lebih lanjut, dia menyebutkan masa berlaku PCR akan diperpanjang dikarena kondisi tersebut. "Terkait tidak tersedia alat PCR di Belitung, sudah berkoordinasi dengan gubernur dan Kapolda, akan dikelurkan SE dari Dishub, turunannya terkait persyaratan dari dan ke Belitung dengan menambah masa berlaku, yakni 4x24 jam masa PCR, diperpanjang karena mereka ngirim sampel keluar dan yang datang ke Belitung bisa langsung pulang dan pergi (menggunakan satu dokumen tersebut -red)," jelas Mikron.

Namun, ketentuan khusus masa swab negstif lebih lama ini hanya berlaku bagi pelaku perjalanan Pulau Bangka dan Belitung saja.

"Tidak berlaku untuk Belitung ke Jakarta atau Jakarta ke Belitung. Kalau mau dari Belitung ke Jakarta artinya lewat Bangka saja karena mereka belum ada PCR," kata Mikron.

Seuai arahan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, kebijakan yang akan dikeluarkan lewat surat edaran ini nanti akan diberlakukan mulai besok hari, Selasa (27/7/2021). (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved