Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Terbang dari Belitung ke Pangkalpinang Cukup Swab Antigen, Tapi untuk PGK - TJQ Harus Pakai Tes PCR

Khusus penerbangan dari Belitung ke Pangkalpinang ada diskresi, boleh hanya menyertakan dokumen Antigen karena di Belitung belum ada layanan Tes PCR

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Suasana di pintu kedatangan Bandara Depati Amir. Mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 mendatang, penerbangan dari Belitung ke Pangkalpinang cukup pakai Antigen, namun sebaliknya dari PGK ke TJQ tetap harus pakai Tes PCR 

BANGKAPOS.COM , PANGKALPINANG - Penerapan PPKM Level 4 di Belitung dan Belitung Timur sebagaimana ditetapkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 25/2021 memang mengancam status Pulau Belitung akan terlockdown, alias tak bisa keluar sekaligus tak bisa masuk.

Ancaman tersebut dikarenakan dalam Instruksi Mendagri Nomo 25/2021 tersebut dijelaskan bahwa untuk pelaku perjalanan, baik darat, laut maupun udara dari dan keluar wilayah PPKM Level 4 harus menyertakan dokuman Tes PCR.

Sementara hingga saat ini di Belitung maupun Belitung Timur belum memiliki fasilitas yang memberikan layanan Tes PCR. Sejauh ini tes PCR selalu dilakukan di Ibukota Provinsi yaitu di Pangkalpinang.

Mengantisipasi situasi tersebut, Bupati Belitung setelah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menerbitkan Surat Edaran Nomor 443.1/984/II/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Belitung.

Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19, Mikron Antariksa.
Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19, Mikron Antariksa. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

“Ada diskresi untuk penerbangan dari Belitung ke Pangkalpinang sebagai ibukota Provinsi, yaitu masih diperkenankan menggunakan tes Antigen,” kata Mikron Antariksa, Sekretaris Satgas Pengendalian Covid-19 Bangka Belitung.

Namun demikian, diskreasi tersebut tidak berlaku sebaliknya, atau untuk penerbangan dari Pangkalpinang ke Tanjungpandan. Ini karena di Pangkalpinang fasilitas Tes PCR sudah tersebut.

“Jadi diskresi ini hanya berlaku untuk penerbangan dari TJQ ke PGK, sementara penerbangan sebaliknya atau PGK ke TJQ tetap wajib menggunakan PCR. Demikian pula penerbangan dari dan keluar wilayah Bangka Belitung wajib menyertakan dokumen Tes PCR,” kata Mikron.

Aturan ini tertuang dalam SE di huruf m poin 2 yang selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis dan kapal laut) harus :

1. Menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama).

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved