Breaking News:

Kapal di Pelabuhan Sungaiselan Semakin Sedikit, Pendapatan Kuli Panggul Menurun

Kapal di Pelabuhan Sungaiselan Semakin Sedikit, Pendapatan Kuli Panggul Menurun.

Penulis: Magang2 | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Kapal Semakin Sedikit, Pendapatan Kuli Panggul di Pelabuhan Sungaiselan Menurun 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kuli panggul mengakui pendapatannya menurun karena tak banyak kapal barang yang bersandar dan membongkar muat di Pelabuhan Sungaiselan, Bangka Tengah.

Kuli panggul yang menggantungkan nasibnya dari upah harian kini harus lebih menerima nasibnya karena tak banyak lagi kapal barang yang bersandar.

Kini pelabuhan Sungaiselan yang berada di kelurahan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah tersebut tidak ramai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut sangat berdampak terhadap pendapatan kuli panggul yang mencari penghidupan di sana.

Seorang kuli panggul bernama Udin (44) mengaku bahwa beberapa tahun terakhir ini kapal-kapal barang yang datang jauh berkurang.

Kala itu sekitar tahun 2016-2018, kapal yang datang bersandar bisa 2-3 hari sekali bahkan hampir setiap hari.

Sementara saat ini, jumlah kapal yang datang sangat jauh menurun bahkan dalam seminggu bisa tidak ada kapal sama sekali.

Udin mengungkapkan sedikitnya kapal yang bersandar dikarenakan kondisi sungai yang sudah cukup dangkal sehingga membuat kapal-kapal besar kesulitan untuk melewatinya.

Semakin sedikit kapal yang bersandar maka semakin sedikit juga upah yang Udin terima.

Ia yang sudah belasan tahun menjadi kuli panggul di pelabuhan tersebut mengaku harus mencari pekerjaan lain agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Udin sangat berharap kedepannya sungai yang ada di kelurahan Sungaiselan tersebut dapat lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah daerah, sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi yang berada di sana.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved