Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berikan Inovasi Pembelajaran Daring, K3S Kota Pangkalpinang Gelar Lomba Pembelajaran Secara Virtual

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) tingkat SD Kota Pangkalpinang melaksanakan lomba muatan pembelajaran secara virtual.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
ist/Siti
Saat pembagian trophy dan sertifikat kepada pemenang dari setiap mata pelajar di kantor Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Rabu (28/7/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) tingkat SD Kota Pangkalpinang melaksanakan lomba muatan pembelajaran secara virtual.

Lomba sudah dilaksanakan sejak 24-25 Juni kemarin, dan hari ini pembagian trophy dan sertifikat kepada pemenang dari setiap mata pelajar di kantor Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Rabu (28/7/2021) lalu.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Tingkat SD Kota Pangkalpinang Siti Husnah menyebut, kegiatan lomba tersebut dilaksankan sebab untuk memotivasi para peserta didik untun terus giat belajar dimasa pandemi Covid-19 dimana pembelajaran lebih banyak menggunakan daring di rumah.

"Jadi kita ingin meskipun pembelajaran dilaksanakan jarak jauh tapi bisa bermanfaat dan berhasil, maka kami mengadakan kegiatan lomba mata pelajaran virtual. Jadi pandemi Covid-19 itu bukan suatu hal yang membuat kita tidak bisa mengisi sesuatu yang lebih baik," ungkap Siti kepada Bangkapos.com, Rabu (28/7/2021) usai pembagian hadiah.

Adapun mata pelajaran yang dilombakan tersebut, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Kata Siti, perlombaan ini juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan IT bagi peserta didik di Kota Pangkalpjnang untuk tingkat SD.

"Ini juga untuk modal kedepan yang semuanya serba aplikasi, maka kita libatkan guru-guru juga untuk membuat soal dan lomba dilaksnakan melalui google classroom. Dan juri-juri kita libatkqn guru yang ada di tingkat SMP," sebutnya.

Siti mengatakan, total ada 12 pemanang yang hari ini diberikan trophy, bingkisan dan sertifikat. Setiap satu pembelajaran masing-masing dipilih juara satu, dua, dan tiga.

"Ini juga jangan sampai orangtua berpikiran gurunya tidak bekerja apa-apa, tapi ini yang kita lakukan dan anak-anak bisa termotivasi, jadi covid bukan halangan untuk kita melakukan inovasi-inovasi itu," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, perlombaan mata pelajaran secara virtual ini merupakan inovasi terbaru yang menjawab kejenuhan para pelajaran bosan dengan daring.

"Inilah menjawab persoalan yang sedang dirasakan oleh para siswa-siswi kita saat ini, kejenuhan mereka yang belajar daring dengan adanya perlombaan secara virtual ini memberikan inovasi baru untuk para pelajar kita," ujar Eddy kepada Bangkapos.com, Rabu (27/7/2021).

"Alhamdulillah inovasi yang dilakukan K3S ini luar biasa sekali membuat anak-anak kita tetap bisa berkompetensi di masa pandemi Covid-19 ini," lanjutnya.

Eddy berharap, inovasis serupa dapat juga terus dilakukan oleh beberapa organisasi lainnya di Kota Pangkalpinang untuk membantu mengalihkan kebosanan pesesta didik belajar daring.

"Ini semoga akan menjadi percontohan organisasi lainnya, jadi belajar virtual juga bisa berkompetensi todak hanya tatap muka. Yang seperti ini harus tetap kita kembangkan," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved