Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Permintaan Vitamin di Pangkalpinang Meningkat Hingga 100 Persen, Pasokan di Apotek Masih Terbatas

Kebutuhan masyarakat akan vitamin di Kota Pangkalpinang meningkat seiring dengan masih tingginya angka kasus Covid-19 di ibu kota Provinsi Babel ini.

Penulis: Widodo | Editor: El Tjandring
bangkapos.com/Widodo
Revita, Asisten Apoteker di Apotek Garuda Farma Jl MH Mohidin Kelurahan Masjid Jami' Kota Pangkalpinang saat memperlihatkan vitamin, Rabu (28/7/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kebutuhan masyarakat akan vitamin di Kota Pangkalpinang meningkat seiring dengan masih tingginya angka kasus Covid-19 di ibu kota Provinsi Bangka Belitung ini.

Permintaan vitamin meningkat di beberapa apotek yang ada di Kota Pangkalpinang. Seperti Apotek Kimia Farma yang ada di Jl Ahmad Yani Kota Pangkalpinang misalnya.

Alfian Abrori, Apoteker di Kimia Farma Jl A.Yani Kota Pangkalpinang itu permintaan pembeli terhadap vitamin sangat banyak. Bahkan diperkirakannya meningkat mencapai 100 persen jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Permintaan terhadap vitamin mencapai 100 persen saat ini atau dua kali lipat dari sebelum-sebelumnya," kata Alfian saat ditemui oleh Bangkapos.com di Apotek Kimia Farma, Rabu (28/7/2021) sore.

"Permintaan vitamin sangat tinggi, cuma stok barangnya terbatas, misalnya minta dari distributor 100 persen datangnya hanya 20 persen atau sampai 50 persen dari yang dipesan. Jadi tidak bisa mengcover permintaan para pembeli," lanjutnya.

Dia menyebutkan, banyak faktor membuat ketersediaan terbatas, terlebih di Kota Pangkalpinang merupakan wilayah Kepulauan dan tentunya diutamakan di area-area Jawa yang kasus Covid-19 nya jauh lebih banyak.

"Kita di sini mungkin ada cuman memang porsinya tidak terlalu banyak ketimbang di Pulau Jawa dan dapat barangnya pun cukup susah. Kalau kita pesan ke distributor sering dan kapasitas pesan lumayan juga tapi datangnya jarang-jarang," kata Alfian.

Menurutnya, pemesanannya dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) biasanya apotek pesan, setelah dipesan ditunggu barang datang dan ketika tidak datang, pihak apotek akan diberikan surat ibaratnya keterangan obatnya habis.

Seperti vitamin C, D, E itu kerapkali kosong karena stok yang terbatas dan pengiriman juga terbatas.

Alfian melanjutkan, diperkirakan sekitar 50 orang sehari yang membeli vitamin terutama vitamin D, E, Zinc yang banyak dicari orang saat ini.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved