Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sudah Renggut Tiga Nyawa, Warga Kota Pangkalpinang Diminta Tetap Waspada DBD Selain Covid-19

Hingga akhir Juni lalu ada 48 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tiga orang meninggal dunia di Kota Pangkalpinang.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim mengatakan hingga akhir Juni lalu ada 48 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tiga orang meninggal dunia di Kota Pangkalpinang.

Sebelumnya hingga akhir Mei ada 38 kasus DBD dan hingga saat ini angka tersebut termasuk nomor dua tertinggi di Bangka Belitung.

Diakui Hakim, DBD memang sedikit terlupakan oleh masyarakat sejak kehadiran covid-19. Namun masyarakat harus tetap waspada dengan DBD yang juga terus mengintai.

"Memang kita sedikit terlupakan dengan penyakit-penyakit yang tetap mengintai yang sudah ada sejak dulu sebelum ada pandemi covid-19. Bulan lalu ada 38 kasus dan hingga akhir bulan Juni kemarin tercatat ada 48 kasus artinya satu bulan bertambah 10 kasus DBD. Makanya masyarakat juga diminta untuk tetap waspada dengan DBD selain covid-19," ungkap Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (28/7/2021).

Hakim menuturkan, pihaknya selalu menghimbau masyarakat seperti penyuluhan melalui Puskesmas di setiap Kecamatan.

"Karena memang lebih baik pencegahan dari pada mengobati, kita kembali gerakan lagi 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur. Jangan biarkan bak atau ember terbuka lalu dibiarkan begitu saja, nanti akan berpotensi bertumbuhnya nyamuk disana," sebutnya.

Hakim meminta masyarakat tetap waspada terhadap DBD yang biasanya akan meningkat seiring dengan datangnya musim penghujan.

Namun kata Hakim, hingga saat ini belum ada peningkatan yang begitu signifikan di Kota Pangkalpinang.

Meski demikian, Hakim minta masyarakat untuk tetap waspada dengan DBD namun tidak melupakan protokol kesehatan agar tehindar pula dari Covid-19.

"Karena sudah sering hujan jadi mungkin sedang musim-musimnya demam berdarah juga, pertama kita harus tetap menjaga prokes seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan nah DBD juga 3M nya tetap diingat. Harus banyak minum juga agar tak kehilangan cairan tubuh," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved