Breaking News:

Penanganan Pandemi

Intan Fauzi : Delta Plus Alarm Bagi Indonesia, Ada 197 kasus di 11 Negara

Sehingga ini wajib menjadi alarm bagi Indonesia, dan perlu dilakukan pemantauan serta  mitigasi wabah secara dini di seluruh wilayah Indonesia.

Editor: Agus Nuryadhyn
Istimewa
Anggota DPR RI Hj Intan Fauzi 

BANGKAPOS.COM - Indonesia patut waspada adanya varian 'Delta Plus' (B.1.617.2.1 atau AY.1).

Bahkan disebut-sebut  Varian Delta Plus ini terdeteksi di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah.

Sebab kini sudah ditemukan 197 kasus di 11 negara.

Sehingga ini wajib menjadi alarm bagi Indonesia, dan perlu dilakukan pemantauan serta  mitigasi wabah secara dini di seluruh wilayah Indonesia.

Belum selesai varian Delta asal India yang masih menghantui masyarakat, kini varian 'Delta plus' (B.1.617.2.1 atau AY.1) disebut-sebut mulai ada. 

Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fauzi mendorong pemerintah agar memperkuat upaya mengetahui penyebaran mutasi Sars-Cov-2 atau Whole Genome Sequencing (WGS).

“WGS atau upaya mengetahui penyebaran mutasi Sars-Cov-2 di Indonesia harus diperkuat, sehingga kita memiliki basis dalam pengambilan kebijakan kesehatan. Manfaat WGS sebagai data keseluruhan sangat penting utk penanganan Pandemi, apalagi dengan penambahan kasus positif per hari dan angka kematian yang tinggi, juga pengadaan jenis vaksin yang digunakan,” ujar Intan melalui keterangan rilisnya, Kamis (29/7/2021).

Menurut Intan, kecepatan uji WGS di Indonesia masih banyak kendala, hal ini dikarenakan belum kuatnya dukungan dari pemerintah salah satunya adalah anggaran penelitian. Padahal, para peneliti di lembaga penelitian Indonesia kemampuannya tidak kalah dari peneliti di luar negeri dalam melakukan WGS juga membuat vaksin.

"Namun keunggulan SDM Indonesia itu perlu dukungan anggaran dan sarana prasarana. Saat ini lembaga penelitian terutama yang berada di berbagai universitas harus melakukan Swadana baik untuk peralatan dan beban biaya operasional para peneliti,” ujar politisi Fraksi PAN ini.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved