Breaking News:

WAWANCARA KHUSUS

Moeldoko Ungkap di Balik Penunjukan Luhut Jadi Panglima Perang PPKM Darurat Jawa-Bali

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bercerita peran Kantor Staf Presiden (KSP) dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19.

Editor: khamelia
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memberikan keterangan pers di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Keterangan pers tersebut untuk menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono terkait tudingan kudeta AHY dari kepemimpinan Ketum Demokrat demi kepentingan Pilpres 2024. (TRIBUNNEWS/HERUDIN) 

Wawancara Khusus dengan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Purnawirawan Moeldoko (Bagian Pertama)

Moeldoko Ungkap di Balik Penunjukan Luhut Jadi Panglima Perang PPKM Darurat Jawa-Bali

BANGKAPOS.COM -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bercerita peran Kantor Staf Presiden (KSP) dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Moeldoko menerangkan tugas pertama KSP adalah memastikan bahwa program atau Proyek Strategis Nasional tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Jika ada hambatan di lapangan, KSP berperan untuk membantu menyelesaikan persoalan. Misalnya, persoalan tanah atau persoalan koordinasi antar kementerian. Di tengah pandemi Covid-19, ucap Moeldoko, KSP lebih berperan dalam mengatur komunikasi politik dan publik.

"Supaya masyarakat bisa memahami. Karena disinformasi sungguh luar biasa. Berita yang salah berulang-ulang jadi seolah benar. Tugas kami meluruskannya," ujar Moeldoko dala, bincang-bincang khusus kepada Tribun Network, Rabu (28/7).

Disampaikan Moeldoko saat berdialog dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dan Manager Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat. Dialog diikuti oleh jajaran Pemimpin Redaksi Jaringan Tribun Network.

Di kesempatan itu, Moeldoko berujar, tidak mudah menyampaikan informasi ke masyarakat. Karena informasi itu, bisa saja jadi bias ketika ada hoaks yang berseliweran di dunia maya. "Karena itu kami membuka kantor KSP selebar-lebarnya agar terjadi komunikasi yang baik antara masyarakat dan kantor kepresidenan," imbuh Moeldoko.

Biasanya, lanjut dia, komunitas atau asosiasi datang ke KSP untuk menyampaikan keluhab mereka. Moeldoko pun akan menyampaikan ke Istana jika memang persoalan tersebut, harus didengar langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mereka menyampaikan keluhan, kadang marah di sini, kami mendengarkan saja. Karena KSP tempat terakhir pengaduan. Itu lah peran-peran yang kami jalankan. Bagaimana kami ingin mendekatkan masyarakat dengan Istana. Apa yang saya dengarkan, catat, kalau Presiden perlu mendengarkan, kami sampaikan," katanya.

Berikut wawancara khusus Tribun Network bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko:

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved