Breaking News:

Tak Ditenggelamkan Layaknya Kapal Pencuri Ikan di Era Menteri Susi, Ponton Pencuri Diserahkan ke APH

PIP pencuri di IUP PT Timah diserahkan ke Aparat penegak Hukum, PT Timah berharap maysrakattetap bisa ikut menambang hanya bermitra dengan PT Timah

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
ISTIMEWA / Humas PT Timah
TANDA - Petugas memberi tanda terhadap PIP milikpenambang liar di IUP milik PT Timah di peraian Jungku Pantai Selindung, Bangka Barat, Kamis (29/7/2021) 

BANGKAPOS.COM , MUNTOK - Konsesi Timahnya terus dicuri oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab, PT Timah tetap saja berusaha kooperatif dengan para penambang.

Meski tertangkap basah melakukan pencurian di IUP milik negara, PIP yang diamankan hanya diberi tanda dan kemudian penanganannya diserahkan kepada Aparat Penegak Hukum.

Sikap ini sebenanrnya sedikit disayangkan, karena tidak memberikan efek jera kepada penambang, sehingga praktik-praktik serupa akan terus terjadi.

“Kami hanya melakukan pengamanan terhadap aset yang menjadi tanggungjawab kami. Soal yang lain kami sepenuhnya menyerahkan ke aparat penegak hukum,” kata Anggi Siahaan, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Kamis (29/7/2021) malam.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan
Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan (Bangkapos.com/Andini Sulistio)

Anggi menegaskan bahwa pihaknya sebenarnya berharap masyarakat tetap bisa melakukan penambangan, namun bermitra dengan PT Timah atau melalui BUMDES sehingga terkelola dengan baik.

“Kami justru ingin masyarakat bisa terlibat langsung dan tetap bis menambang. Jadi jangan sampai apa yang kita lakukan ini dianggap sebagai menghambat masyarakat menambang ya. Hanya jika menambang di IUP PT Timah ya harus bekerjasama dengan PT Timah agar negara tidak dirugikan,” imbuh Anggi.

Sebagai catatan, upaya penertiban terhadap praktik pencurian pasir timah di IUP miklik PT Timah ini tidak hanya kali ini saja. Berulangkali Pt Timah melakukan kegiatan serupa.

Seperti beberapa waktu hal serupa juga dilakukan di wilayah Bangka Selatan. Hanya soal aset-aset milik ‘pencuri’ trimah di IUP Pt Timah ini belum ada kejelasan.

Mungkin berbeda jika mengikuti pola yang dimiliki mantan meneteriKKP Susi Pudhjiastuti yang terkenal dengan tagline “kita tenggelamkan.” Sikap tegas Susi Pudjiastuti tersebut terbukti efektif membuat efek jera bagi nelayan luar negeri yang sering mencuri ikan di perairan Indonesia.

ILEGAL - Seratusan PIP ditinggalkan pemiliknya saat razia dilakukan oleh PT Timah di perairan Jungku, Pantai Selindung, Bangka Barat, Kamis (29/7/2021)
ILEGAL - Seratusan PIP ditinggalkan pemiliknya saat razia dilakukan oleh PT Timah di perairan Jungku, Pantai Selindung, Bangka Barat, Kamis (29/7/2021) (ISTIMEWA / Humas PT Timah)

Namun lagi-lagi saat ditanya apakah PT Timah, akan melakukan tindakan tegas terhadap PIP yang terbukti mencuri di IUP mereka akan dibakar atau ditenggelamkan, Anggi Siahaan menjawab singkat dengan menyerahkan ke aparat penegak hukum.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved