Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Akan Beralih Ke TV Digital, Begini Komentar Pengguna TV Analog Antena Biasa

Kemenkominfo akan melakukan Analog Switch Off atau ASO. Masyarakat akan segera berhenti menggunakan siaran analog dan bermigrasi ke siaran digital.

Penulis: Widodo | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Widodo
Suasana di toko Erwan Elektronik di Jl Ahmad Yani Kota Pangkalpinang, Jumat (30/7/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kemenkominfo akan melakukan Analog Switch Off atau ASO. Masyarakat pun akan segera berhenti menggunakan siaran analog dan bermigrasi ke siaran digital.

Jadwal migrasi akan dilakukan 5 tahap. Tahap pertama dimulai pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang. Sementara di Bangka Belitung baru akan di mulai pada 31 Maret 2022 mendatang.

Menanggapi itu, Erwansyah (29) warga Kelurahan Rawa Bangun, Kota Pangkalpinang selaku pengguna antena TV Analog biasa menyebutkan lebih menyukai TV Analog ketimbang TV digital.

"Sebenarnya lebih enak TV Analog sih, biasanya tidak bayar, banyak siaran tidak diacak," katanya kepada Bangkapos.com, Jumat (30/7/2021).

Terlebih menurutnya jika beralih ke TV Digital harus membeli peralatan yang dinamakan Set Top Box.

Pengguna lainnya yakni Irsal warga Kelurahan Batin Tikal, Kota Pangkalpinang tak mempermasalahkan akan adanya migrasi dari TV analog ke digital.

Dirinya pun memilih TV Digital karena sinyal lebih bagus, lebih banyak dapat siaran apabila jaringannya sudah ada nanti.

Dia pun tak mempersoalkan jika nanti membeli STB yang harganya lumayan. Baginya terpenting jaringan bagus.

Dikutip dari Tribunnews.com, Set Top Box (STB) atau dekorder itu merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog.

Set Top Box atau yang akrab disebut oleh masyarakat di Bangka Belitung yakni receiver.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved