Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Aliefia Noor Ingin Jadi Dosen Fisika, Aktif Webinar Sebagai Pembicara Seminar Nasional

TEKUN, aktif, dan kreatif. Itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada Aliefia Noor (22), alumnus Universitas Bangka Belitung (UBB).

Penulis: tidakada006 | Editor: Agus Nuryadhyn
istimewa
Aliefia Noor 

BANGKAPOS.COM - TEKUN, aktif, dan kreatif. Itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada Aliefia Noor (22), alumnus Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pada Maret 2021 lalu, Aliefa menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Fisika UBB sebagai lulusan terbaik.

Gadis yang berdomisili di Sungailiat, Kabupaten Bangka ini lulus dengan predikat cum laude dan masa kuliah hanya 3,5 tahun.

Semasa menempuh pendidikan, sudah tak terhitung lagi berapa perlombaan yang telah diikutinya. Ia pun pernah mengharumkan nama daerah dan almamaternya hingga kancah internasional.

Aliefia mengikuti lomba berawal dari bergabungnya dirinya dengan Tim YT & FA Research. Mereka mengikuti lomba dengan dibimbing oleh dosen pembimbing Yuant Tiandho, Fitri Afriani, dan seluruh dosen fisika.

“Waktu itu mengawali lomba penelitian di tingkat nasional yaitu Youth National Science Fair (YNSF) 2019, saya bersama tim yakni Evi J dan Aisyah Deri ATS. Alhamdulillah, kami berhasil meraih juara pertama dan mewakili Indonesia di kancah internasional,” kata Aliefia, Rabu (28/7).

Dalam lomba bertema Young Scientist dengan kegiatan lomba Japan Design Idea Invention and Expo (JDIE) 2020, mereka memboyong medali emas dalam bidang Science and Technology.

Hal itu membuat Aliefia dan keluarga bangga. Apalagi, lomba yang diselenggarakan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA) tersebut diikuti oleh 20 negara dengan lebih dari 220 tim yang berpartisipasi.

Tak berhenti di situ, dalam ajang internasional lainnya, yakni International Science Invention Fair 2020, Aliefia bersama timnya juga meraih medali emas (juara 1) dan Best Video Project.

Baca juga: Petugas TRC Keterbatasan Stok Pakaian APD, Kewalahan Makamkan Jenazah Pasien Covid-19

Lomba-lomba lainnya yang pernah ia ikuti antara lain, LKTIN Fisika Expo UBB 2018 (juara 2), LKTIN Universitas Jember 2018 (juara 3), PIMNAS 33 PKM-GT 2020 (juara favorit), LKTIMN PIA 9th PHYSICS In ACTION 2018 (juara harapan 2), finalis PIMNAS PKM-PE 2019 dan 2020, Mawapres FT 2019 (juara 1), dan Mawapres UBB 2019 (juara 3).

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved