Breaking News:

Bangka Tengah Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Lima Kali Berturut-turut

Kabupaten Bangka Tengah kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
Sela Agustika
BANGKA Tengah kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021,Kamis (29/9). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabupaten Bangka Tengah kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021.

Diketahui Penghargaan KLA ini menjadi penghargaan yang sudah lima kali berturut-turut diraih oleh Bangka Tengah yaitu kategori pratama dua kali dan kategori madya tiga kali. Dimana sebanyak 24 indikator pada penilaian KLA yang mencerminkan implementasi dan pemenuhan terhadap hak anak.

“Alhamdulillah kita masih mempertahankan menerima Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya. Ini sebuah prestasi yang menunjukkan bahwa Bangka Tengah memenuhi 24 indikator penilaian KLA ” ungkap Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai menerima penghargaan yang dilaksanakan secara zoom meeting, Kamis (29/7).

Kata Algafry, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pun akan terus berusaha mendukung dan memberikan pelayanan terbaik untuk anak-anak di wilayahnya.

“Dalam memberikan pelayanan terhadap anak kita tidak bekerja sendiri namun terintegrasi dan bergerak bersama mulai dari eksekutif, legislatif yudikatif, dunia usaha dan masyarakat. Peran anak juga sangat membantu pemerintah untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi anak seperti forum anak, PIK-R dan Forum GENRE yang mengajak serta anak melalui penyuluhan, sosialisasi, dan KIE mulai dari stop perkawinan pada usia anak hingga mengajak masyarakat untuk menghindari kekerasan pada anak, jauhi NARKOBA." ungkap Algafry.

Selain itu peran aktif masyarakat sangatlah penting dalam perlindungan anak yaitu melalui PATBM (perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat), FPKDRT (Forum Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang berada di setiap desa.

Bupati Bangka tengah selalu mendukung untuk kegiatan positif yang meningkatkan kreatifitas anak dengan menyediakan satu tempat di Rumah Dinas Bupati bagi anak-anak yang ingin berkreasi.

“Gedung ini kita khususkan bagi anak-anak yang ingin berkreasi, sehingga anak Bangka tengah tidak perlu mencari diluar Bangka tengah lagi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah, dr Dede Lina Lindayanti, MKM mengatakan, pihaknya akan terus berupaya dan bekerja sama dengan tim gugus KLA mulai dari eksekutif, yudikatif dan legislatif, dunia usaha sampai ke masyarakat untuk merangkul kepedulian dalam perlindungan anak.

“Alhamdulillah prestasi ini masih bisa kita pertahankan dan ini tidak serta Merta menjadi euforia namun menjadi pemacu semangat untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang terbaik bagi anak di Bangka tengah ” ungkap dr Dede.

Selain itu, pada kesempatan ini anggota Forum Anak Bangka Tengah juga terpilih satu-satunya di Prov. Babel menjadi fasilitator nasional yang mewakili Babel.

“Kita ketahui anak-anak Bangka Tengah ini memiliki prestasi yang luar biasa, dimana anak kita satu-satunya yang menjadi perwakilan sebagai fasilitaor di tingkat nasional dan ini menjadi prestasi yang luar biasa bagi Bateng. ujar dr Dede.

Sementara itu Meirinda selaku perwakilan Fasilitator Bangka Belitung mengungkapkan bahwa dirinya akan mengajak forum anak Bangka tengah untuk berpartisipasi dan merangkul agar anak-anak di Bangka tengah semakin terlindungi dan mendapatkan hak haknya.

“Untuk pengawasan terhadap anak ini kami akan mengkampanyekan empat poin penting di antaranya hak anak, hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Jadi empat poin ini akan kami prioritaskan dalam memberikan perlindungan pada anak,” kata Meirinda.SALAM BERLIAN..BERSAMA LINDUNGI ANAK (adv/t3/may)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved