Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Belasan Pasangan Calon Pengantin di Pangkalpinang Bakal Menikah Saat PPKM Level 3

KUA Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung mencatat ada puluhan pasangan menikah selama bulan Juni-Juni 2021. Total, ada 39 pasang.

Penulis: Magang1 | Editor: El Tjandring
(Bangkapos/Cepi Marlianto)
Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung Firmantasi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung mencatat ada puluhan pasangan menikah selama bulan Juni-Juni 2021. Total, ada 39 pasang.

"Untuk bulan Juni itu ada sebanyak 23 pasang. Sedangkan bulan Juli saat PPKM Level 3 ada 16 pasang," kata Kepala KUA Kecamatan Bukit Intan, M Yusuf Efendi kepada Bangkapos.com, Jumat (30/7/2021).

Dikatakan Yusuf, selama Kota Pangkalpinang menerapkan PPKM Level 3 pihaknya tetap melayani calon pasangan pengantin yang ingin menikah seperti biasanya.

Akan tetapi, tetap dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi jumlah saksi dalam prosesi akad nikah hingga mempersingkat prosesi akad nikah. Itu dimulai dari pemberian nasehat perkawinan sampai penyerahan buku nikah paling lama 15 menit.

"Untuk pelaksanaannya baik di balai nikah ataupun di rumah tetap kita laksanakan dengan membatasi jumlah yang hadir. Paling banyak itu 10 orang terdiri dari dua mempelai, orangtua, saksi dan penghulu," terang Yusuf.

Selain itu, untuk kursus calon pengantin atau Suscatin ditiadakan selama PPKM Level 3 hingga ada surat edaran lebih lanjut.

"Karena sesuai edaran kemarin tidak boleh mengumpulkan orang yang sifatnya menimbulkan kerumunan. Jadi, untuk sementara ditunda dulu sampai ada edaran lebih lanjut," ungkapnya.

Menurut dia, biasanya banyak umat Islam yang melangsungkan akad pernikahan pada bulan Syawal hingga pasca hari raya Iduladha.

Bahkan ia menyebut jumlah pasangan yang menikah saat ini lebih banyak dibandingkan bulan yang lain.

"Seperti hari ini setidaknya ada tiga pasang pengantin yang kita nikahkan," ungkap Yusuf.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved