Breaking News:

Lagi Isoman di Rumah Jangan Lupa Cek Saturasi Oksigen, Bila Di Bawah 90 Persen Segera ke Rumah Sakit

"Karena kadang belum muncul sesaknya, tapi kemampuan paru-paru menyerap oksigen sudah menurun, namanya hipoksia," jelas Ikhwan

Editor: rusmiadi
(rtmagazine.com)
Oximeter, alat ukur saturasi oksigen bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Warga masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19 agar selalu waspada, bila kondisi tubuh terjadi perubahan mendadak mengalami gejala.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Belitung dr Ikhwan Gusnadi mengatakan isoman hanya bisa dilakukan terhadap pasien Covid-19 yang tanpa gejala atau gelaja ringan.

Hanya saja, penyakit Covid-19 bisa saja berprogres dan berproses, dari yang semula tanpa gejala, lalu mengalami gejala tanpa disadari.

"Karena kadang belum muncul sesaknya, tapi kemampuan paru-paru menyerap oksigen sudah menurun, namanya hipoksia," jelas Ikhwan, Jumat (30/7/2021).

Ia menyarankan, bila kadar oksigen dalam darah sudah kurang dari 90 persen sudah seharusnya ke rumah sakit, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hipoksia merupakan kondisi kekurangan oksigen dalam darah. Menurutnya, kondisi ini bisa terjadi tanpa disadari pasien Covid-19, makanya diperlukan alat oximeter, untuk mengetahui saturasi oksigen dalam darah.

Alat oximeter ini sangat diperlukan, namun belum semua masyarakat memilikinya.

Tenaga kesehatan saja misalnya di Puskesmas Tanjungpandan tempatnya bertugas, menurut dia baru memiliki 20 alat oximeter untuk memantau pasien yang sedang isoman.

"Sudah saya sampaikan dengan pak wakil bupati kalau tim KSB (Komunitas Sosial Belitung) punya alat itu agar bisa dipinjami (untuk pasien isoman). Saya lihat sudah ada, mereka siap meminjamkan alat oximeter," jelas Ikhwan.

Menurutnya, bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri sebaiknya memiliki dua alat kesehatan. Yakni alat ukur suhu tubuh dan oximeter yang bisa digunakan untuk terus memantau kondisi selama menjalani perawatan mandiri.

Baca juga: Berikut Cara Untuk Meningkatkan Kadar Saturasi Oksigen, Level Normal 95-100 Persen

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved