Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tinggi Gelombang Dua Meter, Basarnas Babel Imbau Nelayan Waspada Saat Melaut

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel), selalu mengimbau kepada kalangan nelayan di Perairan Bangka Belitung agar ber

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel), Fazzli. (Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel), selalu mengimbau kepada kalangan nelayan di Perairan Bangka Belitung agar berhati-hati dan tetap waspada, saat beraktivitas di tengah laut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Basarnas Babel Fazzli, kepada Bangkapos.com, Jumat (30/7/2021), mengingat saat akhir pekan para pemancing ramai beraktivitas di laut.

Katanya, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan terjadi, para nelayan diingatkan harus menggunakan alat keselamatan seperti life jaket dan menyiapkan pelampung di kapal mereka.

"Mereka juga harus memantau kondisi cuaca, sebelum melaut. Saat ini rata-rata tinggi gelombang di perairan Babel 0.5 hingga 2 meter, dengan kecepatan angin 10 kilogram per jam," kata Fazzli

Menurutnya, kecepatan angin sampai saat ini, 10 km perjam yang bertiup dari timur, kategori sedang. Kecepatan angin ini juga cepat berubah, dan mempengaruhi tinggi gelombang.

"Itu alat keselamatan saat melaut harus diprioritaskan, sehingga kejadian yang tak diinginkan bisa diminimalisir, " ucapnya.

Fazzli juga menambahkan Personel Basarnas Babel selalu siap siaga 24 jam. Apabila ada kecelakaan laut atau kegiatan yang membahayakan manusia terjadi di Perairan Bangka Belitung, segera hubungi Basarnas Babel.

"Untuk kecelakaan laut dengan penangan khusus agar segera melaporkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, atau dengan menghubungi call center layanan bebas 115, dan menghubungi radio pantai melalui Chanel 16," imbaunya.

Pihaknya juga menyiapkan empat Pos SAR, dan satu Kantor Basarnas Babel. Empat Pos SAR di antaranya, dua Pos di Pulau Belitung, tepatnya di Belitung Timur dan Belitung. Sedangkan di Pulau Bangka, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan, dan Muntok, Bangka Barat (Babar).(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved