Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pekerja di Babel Tak Terima Subsidi Upah, Padahal Masuk PPKM Level 3 dan 4, Evi: Sedih Rasanya

Elfiyena mengatakan pekerja di Bangka Belitung tidak menerima BSU sesuai dengan peraturan menteri tenaga kerja Nomor 16 Tahun 2021.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
kolase Kompas.com
Ilustrasi bantuan subsidi upah atau subsidi gaji akan dilanjutkan dalam waktu dekat di tahun 2021. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah akan membagikan subsidi gaji atau disebut Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp1 Juta per orang, untuk pekerja yang berada di wilayah PPKM Level 3 dan PPKM Level 4.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena mengatakan pekerja di Bangka Belitung tidak menerima BSU sesuai dengan peraturan menteri tenaga kerja Nomor 16 Tahun 2021.

"Babel tidak terima BSU sesuai dengan permenaker 16 tahun 2021, wilayah penerima sudah dikunci di lampiran permen tersebut.

Setelah dikoordinasikan dengan kementerian ternyata lokasi penerima merujuk ke instruksi mendagri nomor 22 dan 23 tahun 2021 yang mana Babel tidak masuk," ujar Elfiyena, Sabtu (31/7/2021).

Seperti diketahui, padahal saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada tiga Kabupaten yang diberlakukan PPKM Level 4 yakni Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur.

Sedangkan Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Bangka Tengah dan Bangka Selatan berlaku PPKM Level 3.

Diakuinya mengenai kondisi Babel tersebut, akan disampaikan pemerintah daerah ke pusat, bahkan Elfiyena sudah berkirim pesan kepada pihak kementerian tenaga kerja.

"Nanti, gubernur akan rapat koordinasi dengan menko dan ini kita usulkan agar dikaji ulang permenaker Nomor 16 tersebut. Mudah-mudahan pak gubernur bisa menyampaikan kondisi di Babel dan itu dapat direvisi. Jadi masyarakat buruh yang memenuhi persyaratan diharapkan bersabar," kata Elfiyena.

Penjelasan serupa juga dilontarkan oleh, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Agus Theodorus Parulian Marpaung terkait alasan pekerja di Babel tak terima BSU.

"Untuk Babel belum dapat karena sudah diatur di permenakernya, hanya yang masuk PPKM dalam Permendagri Nomor 22 dan 23 saja yang mendapatkan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved