Breaking News:

Berita Bangka Barat

Penumpang Kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Wajib Vaksin Covid‑19

Setiap penumpang harus sudah melakukan vaksinasi Covid‑19. Apabila kedapatan belum divaksin maka akan dipulangkan dengan kapal yang sama

Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
ABK dan penumpang kapal kini berada di Pelabuhan Tanjung kalian Muntok, Senin (12/7/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -‑ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyatakan, penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, wajib vaksinasi dan memiliki sertifikat vaksinasi Covid‑19 guna menekan dan memutus mata rantai penularan virus corona.

"Setiap penumpang harus sudah melakukan vaksinasi Covid‑19. Apabila kedapatan belum divaksin maka akan dipulangkan dengan kapal yang sama," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Sabtu (31/7).

Ia mengatakan kebijakan wajib vaksinasi bagi penumpang kapal laut rute Pelabuhan Tanjung Kalian‑Pelabuhan Tanjung Api‑Api, Sumatera Selatan ini berdasarkan kesepakatan Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, Bupati Bangka Barat, dan pengelola pelabuhan untuk memutus mata rantai penularan Covid‑19.

"Kita akan segera berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terkait hal ini, mengingat kapal yang masuk di Pelabuhan Tanjung Kalian ini sebagian besar berasal dari Pelabuhan di Tanjung Api‑Api Palembang," ujar Erzaldi.

Baca juga: Dalam Sebulan, 336 Orang di Bangka Belitung Meninggal Dunia Karena Covid-19

Baca juga: Sosok Panutan Itu Berpulang, Pastor FX Hendrawinata Meninggal pada Usia 72 Tahun

Menurut dia, kebijakan wajib vaksinasi Covid‑19 ini sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona yang disebabkan oleh transmisi arus keluar masuk penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Kalian sebagai gerbang utama di Pulau Bangka.

Selain itu, kebijakan ini diberlakukan mengingat Pelabuhan Tanjung Kalian berada di Kabupaten Bangka Barat yang saat ini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

"Agar aturan ini berjalan dengan semestinya, Satgas Covid‑19 dan pihak pengelola pelabuhan akan melakukan pengecekan setiap penumpang yang masuk pelabuhan," kata Erzaldi.

Dia berharap pengelola kapal dan pelabuhan membuat sosialisasi baik berupa spanduk maupun pemberitahuan kepada seluruh penumpang.

"Dengan sosialisasi yang jelas, diharapkan masyarakat yang memang belum melaksanakan vaksinasi untuk segera melaksanakannya sebagai upaya pencegahan Covid‑19," tuturnya. (ant)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved