Breaking News:

Advertorial

Pemkab Belitung Timur Dukung Uji Coba Pilot Project Global Budget

pengembangan sistem pembayaran global budget pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam Program JKN KIS

Editor: nurhayati
Pemkab Belitung Timur Dukung Uji Coba Pilot Project Global Budget
Ist (BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang)
BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang melakukan pertemuan pre evaluasi dengan Bupati Belitung Timur, Burhanudin dalam rangka pengembangan sistem pembayaran global budget pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) pada Program JKN KIS, Kamis (22/07/2021) di Manggar.

BANGKAPOS.COM -- Dalam rangka pengembangan sistem pembayaran global budget pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, BPJS Kesehatan telah menunjuk beberapa kantor cabang sebagai wilayah perluasan pengembangan sistem tersebut. Salah satunya adalah BPJS Kesehatan Cabang Pangkal Pinang.

Adapun rumah sakit yang menjadi pilot project di Kantor Cabang Pangkal Pinang yaitu RSUD Belitung Timur. 

Implementasi uji coba pilot project tersebut tentu membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dan OPD terkait untuk memastikan uji coba Pilot Project berjalan lancar.

Di samping itu, peningkatan kualitas layanan dan ketersediaan sumber daya yang menunjang pelayanan di RSUD menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Menjelang dilaksanakannya evaluasi pelaksanaan global budget Kabupaten Belitung Timur, BPJS Kesehatan Cabang Pangkal Pinang berinisiatif melakukan pertemuan pre evaluasi untuk membahas berbagai macam hal berkaitan dengan implementasi global budget bersama dengan Bupati Belitung Timur beserta jajaran terkait.

“Kami menyambut baik dipilihnya RSUD Belitung Timur sebagai salah satu titik pelaksanaan uji coba global budget. Sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami untuk turut menyukseskan program ini. Apalagi dari hari ke hari antusias masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang dijamin oleh pemerintah daerah melalui JKN-KIS sangat tinggi, sehingga antisipasi dari hal tersebut adalah kesiapan pembiayaan dan tentunya pelayanan rumah sakit yang paripurna,” ujar Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Kamis (22/07). 

Senada dengan hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkal Pinang, Rudy Widjajadi menyampaikan manfaat dalam pengelolaan fiskal dan peningkatan kualitas layanan fasilitas kesehatan.

”Melalui implementasi global budget, berbagai manfaat dapat diperoleh baik bagi pemerintah daerah maupun rumah sakit. Kepastian pengelolaan fiskal dan mendorong kompetisi peningkatan kualitas layanan antar fasilitas kesehatan dalam wilayah. Selain itu mendorong peningkatan upaya promotif preventif sehingga status kesehatan masyarakat meningkat dan inovasi untuk optimalisasi pengelolaan sumber daya kesehatan terintegrasi dan holistik," tutur Rudy.

Ia melanjutkan, bagi rumah sakit sendiri, selain adanya kepastian anggaran, adanya fleksibilitas untuk melakukan realokasi anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan, dan keleluasaan untuk improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari implementasinya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved