Breaking News:

Advertorial

BPJS Kesehatan Pangkalpinang Pamerkan Keunggulan Mobile JKN dan PANDAWA

BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar kegiatan Media Gathering Tahun 2021 

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
BPJS Kesehatan Pangkalpinang Pamerkan Keunggulan Mobile JKN dan PANDAWA
ist
BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar kegiatan Media Gathering tahun 2021 bincang-bincang program JKN-KIS yang dilaksanakan di Bangka Tengah (25/06).

BANGKAPOS.COM - Dalam rangka menyebarluaskan informasi terbaru Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan membangun sinergi dengan rekan media di wilayah kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar kegiatan Media Gathering Tahun 2021 di Bangka Tengah, Jumat (25/06/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Rudy Widjajadi menyebut bahwa Program JKN-KIS ini diamanatkan UUD 1945. Hal ini sesuai dengan tujuan negara dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang kemudian diatur dalam UU 40 tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU 24 Tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Kesehatan merupakan hak seluruh warga negara Indonesia. BPJS Kesehatan mendapat amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan Program JKN-KIS dengan kepesertaan yang bersifat wajib, Program JKN-KIS juga mengembangkan sifat gotong-royong yang tidak hanya berimbas pada kesehatan tetapi juga aspek lain," kata Rudy.

Dijelaskan pula oleh Rudy, bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah meluncurkan beberapa kemudahan pelayanan kepada peserta. Salah satunya melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan, ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapanpun tanpa batasan waktu.

“Beragam manfaat bisa didapat dari aplikasi Mobile JKN, seperti menu info peserta, ubah data kepesertaan, pendaftaran peserta baru, pindah faskes, mengecek tagihan, dan beberapa fitur lainnya yang memudahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan secara administratif,” jelas Rudy.

Ia juga memperkenalkan program Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) yang telah diluncurkan oleh BPJS Kesehatan. Hadirnya layanan PANDAWA ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi peserta JKN-KIS, karena bisa menyelesaikan proses administrasi kepesertaan tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah mencoba menggunakan layanan pandawa, Cita menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan. “Dengan adanya Pandawa, kita jadi lebih mudah untuk mengurus administrasi BPJS Kesehatan, cukup melalui WA saja hampir semua layanan dapat dilayani disini, praktis dan memudahkan,” tuturnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved