Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gelar Rakor Bersama Kepala Daerah, Gubernur Erzaldi Sampaikan Kebijakan Isoter Mulai Diberlakukan

Gubernur mengatakan dirinya mengeluarkan kebijakan Isolasi Terpusat (isoter) yang dilakukan pada dua lokasi telah disiapkan yakni Asrama Haji dan BLK.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, melakukan rapat evaluasi penerapan PPKM Level 4 di wilayah Provinsi Bangka Belitung, pada, Selasa (3/8/2021) sore, di Aula Makorem 045/Garuda Jaya. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, melakukan rapat evaluasi penerapan PPKM Level 4 di wilayah Provinsi Bangka Belitung, Selasa (3/8/2021) sore, di Aula Makorem 045/Garuda Jaya.

Rapat dilakukan dengan beberapa Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan kepala daerah pemerintah di kabupaten/kota menyaksikan melalui virtual.

Erzaldi mengatakan, dalam evaluasi kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan 3 di setiap kabupaten/kota di Babel.

Untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19, Gubernur mengatakan dirinya mengeluarkan kebijakan Isolasi Terpusat (isoter) yang dilakukan pada dua lokasi telah disiapkan yakni Asrama Haji dan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja.

"Berdasarkan arahan dari Menteri Airlangga dan Presiden Republik Indonesia, kita tidak lagi mengedepankan isolasi mandiri, tetapi kita mendorong diberlakukan isolasi terpusat," kata Erzaldi Rosman, dalam rakor evaluasi pelaksaan PPKM Level 3 dan 4 di Bangka Belitung, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan, isoter adalah isolasi terpadu yang pernah dilakukan Bangka Belitung pada awal masuknya Covid-19 di Babel dan berhasil menekan angka penyebaran.

"Waktu itu kita bisa menekan kasus Covid-19 di Babel dulu kasus kita di bawah 25 kasus perhati yang terpapar. Tetapi ketika kita membuka peluang isolasi mandiri menjadi salah satu penyebab, ditambah tidak disiplinnya masyarakat," lanjutnya.

Mantan Bupati Bangka Tengah ini, mengatakan tempat isolasi terpusat dilakukan pemprov dengan membuka gedung Asrama Haji dan BLK Dinas Tenaga Kerja.

"Dua tempat itu akan dapat menampung 400 orang, kami berharap juga isoter lainya juga terbentuk bukan hanya ada pada level provinsi, tetapi di kabupaten/kota juga dapat melaksanakan hingga di kecamatan. Lokasinya dekatkan dengan di mana mereka tinggal," terangnya.

Dalam pelaksanaan isoter, kata Erzaldi, pemprov bakal memberikan fasilitas seperti makan dan minum dari dapur umum yang dikelola TNI/Polri dan BPBD Babel.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved