Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kasus Kematian Covid-19 Tinggi, Satgas Bangka Tengah Minta Ada Tim Relawan Pemakaman di Kecamatan

Kasus kematian Covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah setiap harinya terus bertambah, hingga hari ini Selasa (3/8/2021) total pasien covid-19

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah, Yudhi Sabara 

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Kasus kematian Covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah setiap harinya terus bertambah, hingga hari ini Selasa (3/8/2021) total pasien covid-19 yang meninggal berjumlah 83 orang.

Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah, Yudhi Sabara mengatakan dengan jumlah petugas pemakaman yang ada dan kasus kematian yang terus bertambah, pihaknyapun mengaku kekurangan sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk petugas pemakaman.

"Kita punya 15 petugas pemakaman pasien covid-19, di mana dalam satu hari ada lima petugas yang man mereka ini tugasnya secara bergantian, namun untuk petugas lainnya mereka tetap standbay dan bagi-bagi waktu seumpanya ada pasien yang meninggal dan harus dilakukan pemakaman secara serentak," ungkap Yudhi kepada Bangkapos.com, Selasa (3/8/2021). 

Diakui Yudhi, hampir setiap hari kasus kematian pasien Covid-19 di Bangka Tengah terus bertambah, bahkan dalam satu hari ada lima pasien yang meninggal dan merupakan angka tertinggi kasus kematian diwilayahnya.

"Saat ini kasus covid-19 diwilayah kita (Bangka Tengah-red) memang terus bertambah, tak hanya itu untuk kasus kematian sendiri memang setiap harinya selalu ada, dan hari ini juga terdata ada 4 orang yang meninggal karena covid-19. Dan untuk kasus tertinggi kemarin ini pernah satu hari ada lima orang yang meninggal dan semuanya dilakukan pemakan oleh petugas kita dalam satu hari," jelas Yudhi.

Ia mengatakan, dengan kondisi penyebaran kasus Covid-19 saat ini dan keterbatasan SDM yang ada, pihaknya pun meminta agar pihak rumah sakit untuk berkooridnasi mengatur jadwal pemakan, apabila ada pasien yang meninggal agar dapat dilakukan dengan baik.

Lanjut Yudhi, pihaknya juga meminta agar pihak kecamatan ikut membantu merekrut ataupun melibatkan relawan dalam proses pemakaman guna mengantisipasi apabila terjadinya lonjakan.

"Untuk penambahan relawan tenaga pemakaman ini sudah kita sampaikan ke pimpinan mengingat kondisi saat ini, kedepannya di setiap kecamatan ini kita minta ada relawan-relawan yang membantu proses pemakaman, jika memang ada pasien yang meninggal di wilayah tersebut agar bisa membantu, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan apabila ada pemakanan yang bersamaan," ujar Yudhi.

Mengingat kondisi saat ini, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah.

"Kita ketahui kasus saat ini tinggi, untum iti kita sangat minta masyarakat ini taat prokes, khusunya 5 M, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mobilitas karena ini menjadi upaya kita dalam menekan kasus covid-19 ini,"  imbau Yudhi.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved