Breaking News:

Syarat Yang Harus Dipenuhi, Perjalanan Transportasi Darat, ke Wilayah PPKM Level 3 dan Level 4

Selama PPKM Level 1-4, Kemenhub mengatur perjalanan orang untuk jarak jauh dengan transportasi darat umum maupun pribadi.

Editor: Agus Nuryadhyn
Wartakotalive/Gilbert Sem Sandro
ilustrasi: KRL atau commuter line di Stasiun Tangerang mengurangi jadwal keberangkatan yaitu pada pukul 21.33 WIB selama PPKM Darurat, foto diambil Sabtu 3 Juli 2021 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah menetapkan kebijakan kriteria level situasi pandemi covid-19. 

Ketentuannya berdasarkan asesmen seperti kriteria Level 4, Level 3 dan Level 2.

Dimana perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali masih berlanjut hingga sepekan, yang akan berakhir 9 Agustus 2021.

Selama PPKM Level 1-4, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur perjalanan orang untuk jarak jauh dengan transportasi darat umum maupun pribadi.

Masyarakat yang berada dalam wilayah PPKM Level 4 dan 3 wajib mengikuti aturan perjalanan orang yang saat ini berlaku.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, masyarakat yang melakukan perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta Bali yang wilayahnya masuk kategori level 3 dan 4 wajib menunjukan kartu vaksin dengan minimal dosis pertama.

"Selain itu, mereka juga wajib menunjukan hasil tes PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam dan rapid test antigen yang sampelnya diambil 1x24 jam sebelum keberangkatan," ucap Budi.

Kemudian untuk masyarakat yang melakukan perjalanan ke wilayah PPKM Level 1 dan 2, hanya perlu menunjukan hasil tes PCR dalam kurun waktu 2x24 jam dan rapid test antigen dalam kurun waktu 1x24 jam.

"Selanjutnya khusus pelaku perjalanan rutin di wilayah aglomerasi hanya diizinkan bagi pekerja sektor esensial dan kritikal," ucap Budi.

Masyarakat yang melakukan perjalanan rutin di wilayah aglomerasi, lanjut Budi, tidak diwajibkan untuk membawa hasil tes antigen atau PCR.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved