Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Warga Diminta Pulang, Layanan Disdukcapil Kota Pangaklpinang Dialihkan Online Sampai 9 Agustus

Untuk sementara pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang dialihkan ke pelayanaan online.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Sejumlah warga yang mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Rabu (4/8/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Untuk sementara pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang dialihkan ke pelayanaan online.

Beberapa orang nampak memenuhi satu meja tepat di depan pintu kantor Disdukcapil.

Ada yang menanyakan seperti apa pelayanan pembuatan kartu keluarga (KK), perekaman e-KTP, dan pembuatan berkas lainnya. Petugas jaga meminta warga yang datang untuk mengurus berkas secara online saja.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin menyebut, untuk sementara mulai hari ini Rabu (4/8/2021) hingga tanggal 9 Agustus nanti pelayanan dialihkan ke online.

Hal ini lantaran, ada beberapa pegawai Disdukcapil Kota Pangkalpinang yang terpapar Covid-19 serta mengurangi pertemuan secara langsung demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: Nikahi Janda Montok nan Seksi, Bujang Lapuk Ini Sampai Tak Sanggup Berdiri, Terungkap Fakta Ini

Baca juga: Bikin Ngakak, Tiktokers Ini Parodikan Ucapan Ayah Rozak yang Sebut Anaknya Cantik, Badan Bagus

Baca juga: Hari Ini Press Release Pengungkapan Bandar Narkotika Asal Sungailiat, BB 4.269 Butir Ekstasi

"Kita sama-sama menjaga bersama, kalau dari kantor kita juga ada tapi rata-rata memang dari calster keluarga. Jadi untuk sementara kita alihkan pelayanan ke online sampai dengan 9 Agustus, nanti akan kita evaluasi kembali seperti apa, apakah lanjut online atau tatap muka," ungkap Darwin kepada Bangkapos.com, Rabu (4/8/2021).

Kata Darwin, untuk pelayanan tatap muka di kantor hanya legalisir dokumen kependudukan, perekaman e-KTP, dan pengambilan kependudukan yang sudah selesai.

"Itupun kalau memang kebutuhan mendesak, tapi kalau tidak mendesak seperti perekaman e-KTP ditunda dulu tidak masalah. Nanti setelah kita terapkan tatap muka baru diurus kembali, tapi kalau kebutuhan mendesak tidak masalah," jelasnya.

Untuk layanan pendaftaran penduduk seperti peneribitan NIK, kartu keluarga (KK), pindah jiwa, dan lainnya dialihkan melalui pelayanan online whatsapp di 082175267502, untuk layanan pencatatan sipil seperti akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan lainnya dialihkan melalui pelayanan online whatsapp di 081284597181, dan layanan kosolidasi data untuk warga Pangkalpinang yang terkendala dengan NIK yang tidak terbaca di layanan publik dialihkan melalui pelayanan online whatsapp di 082186776827.

"Jadi pelayanan di Disdukcapil sebetulnya ada pada genggaman masyarakat, sesuai bagain-bagiannya silahkan langsung dihubungi pasti akan tetap kita layani," bebernya.

Baca juga: THM di Pangkalpinang Ini Nakal, Tepergok Polisi Beroperasi Meski Sedang PPKM, Ada Belasan Pengunjung

Baca juga: Pemprov Babel Siapkan Tempat Isolasi Covid-19 dengan Fasilitas Hotel Bintang Tiga

Darin mengatakan, tidak ada pelayanan yang terlalu meningkat signifikan hingga dialihkan ke online masyarakat masih bisa menerima.

"Kalau sekarang tidak ada yang meningkat signifikan, smuanya masih standar. Dan dialihkan online tidak ada yang membludak di kantor, masyarakat memaklumi pasti," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved