Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bikin e-KTP di Pangkalpinang Tak Perlu Surat Pengantar, Cukup Akta dan KK, 15 Menit Selesai

Warga negara Indonesia dan wagra negara asing berhak mendapat pelayanan administrasi kependudukan dengan pelayanan sangat cepat, baik, dan tak ribet.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
bangkapos.com/tangkapan layar
Dialog ruang tengah bersama Bangka Pos dengan mengusung tema Wawasan Kenegaraan Dalam Penyelenggaraan Adminitrasi Kependudukan di Kota Pangkalpinang, Kamis (5/8/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Warga negara Indonesia dan wagra negara asing berhak mendapat pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan pelayanan sangat cepat, baik, dan tidak ribet.

Demikian kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin dalam dialog ruang tengah bersama Bangka Pos dengan mengusung tema Wawasan Kenegaraan Dalam Penyelenggaraan Adminitrasi Kependudukan di Kota Pangkalpinang, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, saat ini Disdukcapil memang sedang berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarajat, pelayanan yang mudah tanpa ribet.

Sebelumnya memang diketahui pelayanan di Disdukcapil identik membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun saat ini tidak lagi demikian semua pelayanan dokumen tidak lagi membutuhkan waktu yang lama.

Seperti pembuatan e-KTP hingga peryaratan pindah jiwa kini tidak perlu lagu surat pengantar dari RT afau kelurahan, masyarakat bisa datang langsung ke Disdukcapil dan dapat selesai dalam waktu 15 menit.

"Dua tahun ini sudah banyak perubahan-perubahan yang kami lakukan, misal yang katanya pengurusan dokumen di Disdukcapil itu ribet perlu surat pengantar dan segala macam sekarang tidak perlu lagi, tapi ada juga yang masih membutuhkan seperti akta kematian perlu surat keterangan kematian dari RT atau rumah sakit," ujar Darwin dalam dialog tersebut.

Baca juga: Nikahi Janda Montok nan Seksi, Bujang Lapuk Ini Sampai Tak Sanggup Berdiri, Terungkap Fakta Ini

Darwin mengatakan, hal yang sama juga jika ingin membuat KTP baru bagi usia yang baru memasuki 17 tahun, cukup membawa fotocopy akte kelahiran, fotocopy Kartu Keluarga (KK) dalam hitungan 15 menit e-KTP sudah selesai.

"Disdukcapil mengubah paradigma yang dulunya pasif sebagai pencatat sekarang menjadi aktif, dalam arti kata kami sudah menggarap layanaan ke rumah sakit dan bidan jadi begitu orangtua keluar dari rumah sakit sudah punya, akte kelahiran anaknya, kartu keluarga baru dengan penambahan anggota keluarga, dan kartu identitas anak (KIA)," sebutnya.

Darwin menuturkan, pihaknya sudah giat sekali mengedukasi masyarakat beatapa pentingnya kepemilikan administrasi kependudukan.

"Kita sebenarnya ingin merubah paradigma masyarakat yang pertama tingkat kesadaran masyarakat itu, kami sudah berusaha mengaligkan yang pelayan awalnya ribet, lama menjadi sangat mudah tinggal kesadaran masyarakat itu yang perku ditingkatkan," tuturnya.

Baca juga: Unggah Video Skilnya, Penyerang Baru Juventus Kaio Jorge Ungkap Cerita Sedihnya

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved