Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Masuk ke Bangka Belitung Hingga 9 Agustus 2021, Wajib Kantongi Surat Vaksin Covid-19

Surat Edaran Nomor 550/0487/Dishub tentang Pengendalian Transportasi bagi Pelaku Perjalanan Domestik di wilayah PPKM Level 4

Editor: Agus Nuryadhyn
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Aktivitas pelayanan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang (ilustrasi) 

BANGKAPOS.COM - Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 hingga 9 Agustus 2021 mendatang, para pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang hendak masuk ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wajib mengantongi surat vaksin Covid‑19 minimal dosis pertama.

Ketentuan ini berlaku bagi pengguna jasa transportasi laut maupun udara.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 550/0487/Dishub tentang Pengendalian Transportasi bagi Pelaku Perjalanan Domestik di wilayah PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Bangka Belitung yang kembali diperpanjang.

"Itu berlaku untuk semuanya baik di bandara maupun pelabuhan di Bangka Belitung. Penerapannya sama dengan surat edaran yang kemarin, jadi tinggal diperpanjang saja," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel Zanuari Anizar kepada Bangka Pos, Kamis (5/8).

Baca juga: Kepala BPS : Laju Pertumbuhan Ekonomi Babel Tertinggi Ke 2 se Sumatera

Meski demikian, kata Zanuari, ada pengecualian dalam surat edaran tersebut. Sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya tak wajib memiliki kartu vaksin.

Zanuari menyebutkan, jika hal itu diterapkan dikhawatirkan dapat menghambat pendistribusian kebutuhan pokok saat penyeberangan ke daerah. "Sopir truk masih diberlakukan sama seperti kemarin dikecualikan, mereka tidak wajib vaksin," ucapnya.

Tetapi, lanjut dia, ke depan tidak menutup kemungkinan untuk wajib vaksin tersebut diberlakukan terhadap sopir kendaraan logistik.

Lebih lanjut, Zanuari mengatakan, untuk jalur laut dilakukan pembatasan. Kapal hanya boleh mengangkut penumpang sebanyak 25 persen dari kapasitas yang tersedia demi menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Lalu lintas kapal tidak kita batasi. Ini tidak dikecualikan sama untuk semua moda transportasi," kata Zanuari. (mg1)

Baca juga: Pandemi Covid‑19 Memicu Kerentanan Sosial

Baca juga: Arti Julukan The Doctor Selama Valentino Rossi Beraksi di Ajang Balap MotoGP, Kini Umumkan Pensiun

Surat Edaran Nomor 550/0487/Dishub

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved