Breaking News:

Subsidi Gaji Terkait PPKM Level 4 Cair Pekan Ini, Sayang, Pekerja di Bangka Belitung Tak Dijatah

Bangka Belitung tidak termasuk dalam daerah yang menerima BSU sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021

bangkapos.com/Teddy Malaka
UANG - Pekerka dengan upah di bawah Rp 3,5 JUta akan segera memperoleh subsidi dari pemerintah terkait PPKM Level 4 dan Level 3. Sayangnya skema itu tak berlaku untuk pekerja di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM , JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sedang mengupayakan agar pencairan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) untuk kalangan buruh bisa cair pekan depan.

Pemerintah saat ini masih mengecek data para calon penerima." Paling rasional sepertinya (cair pekan depan)," kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, Kamis (5/8).

Pihaknya ingin memastikan semua data calon penerima bersih dan tidak ada kesalahan.

Dengan begitu, pencairan BSU akan berjalan lancar. "Kami ingin memastikan (data calon penerima) clean and clear," imbuh dia.

Baca juga: Nikahi Janda Montok nan Seksi, Bujang Lapuk Ini Sampai Tak Sanggup Berdiri, Terungkap Fakta Ini

Baca juga: Valentino Rossi Resmi Pensiun di Akhir Musim MotoGP 2021

Namun, Anwar tak menjelaskan lebih lanjut tanggal berapa BSU akan dicairkan. Hal yang pasti, semua proses pencairan akan dipercepat. "Masih terus kami kebut," katanya.

Penyaluran BSU tahun ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji atau Upah Bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19).

Pemerintah akan memberikan BSU senilai Rp500 ribu per orang untuk dua bulan secara sekaligus. Dengan demikian, total yang akan diberikan sebesar Rp1 juta.

Cek, inilah poin penting terkait penerima BSU

1. Tercatat sebagai WNI dibuktikan NIK.

2. Terdaftar peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

3. Mempunyai gaji paling banyak Rp3,5 juta.

4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4.

5. Diutamakan pekerja sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan

Persyaratan

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved