Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Wilayah Bangka Belitung Berpotensi Hujan, Ada Belokan Angin dan Pembentukan Awan Konvektif

Secara umum wilayah Bangka Belitung diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang. Hal itu terjadi karena belokan angin dan konvergensi

Penulis: Yuranda | Editor: Agus Nuryadhyn
bangkapos.com/agus nuryadhyn
Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji 

BANGKAPOS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan hujan masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (6/8) hingga Minggu (8/8). Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi pada pagi hingga dini hari.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang,  Kurniaji, mengatakan, hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan fenomena zona angin dan konvergensi sehingga perubahan cuaca menjadi tidak menentu.

"Untuk besok (hari ini), lusa sampai hari Minggu, hujan diprakirakan berinteraksi ringan terjadi di siang hari dan selebihnya cenderung berawan," kata Kurniaji kepada Bangka Pos, Kamis (5/8).

Baca juga: Catin Tandatangan Surat Kesanggupan Prokes, Pelayanan Akad Nikah di KUA Tetap Dilayani

Baca juga: Yuk Buat Video Singkat Momen Bersama Santika, Dapatkan Voucher Menginap Gratisnya

"Secara umum wilayah Bangka Belitung diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang. Hal itu terjadi karena belokan angin dan konvergensi menyebabkan potensi pembentukan awan‑awan konvektif," ujarnya.

Kurniaji menjelaskan, fenomena belokan angin dan konvergensi adalah faktor cuaca skala lokal yang biasanya mempunyai siklus satu hingga dua hari ke depan.

"Iya biasanya karena umur dari fenomena ini biasanya satu sampai dengan dua hari saja, bisa hilang atau berpindah ke tempat lain," katanya. (ynr)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved