Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Babel Masuk PPKM Level 4 dan Level 3, Pemerintah Daerah Untuk Aktif Usulkan BSU Bagi Pekerja

BSU dirasa penting karena para pekerja akan merasa terbantu apalagi pada kondisi pandemi Covid‑19 ini.

Editor: Agus Nuryadhyn
bangkapos.com/Teddy Malaka
Ilustrasi Uang pecahan kertas 

BANGKAPOS.COM - Anggota Komisi IV DPRD Bangka Belitung, Ranto Sendhu meminta pemerintah pusat untuk adil dalam pembagian bantuan subsidi upah (BSU) Rp1 juta per orang.

Hal ini disampaikannya, karena pekerja di Babel tidak menerima BSU tersebut. Padahal wilayahnya, masuk dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

"Kita minta pemerintah pusat tolong adil kepada Provinsi Babel, karena kita juga masuk wilayah Indonesia. Apa yang menjadi masalah? Mungkin saat menentukan lokasi itu, kita belum PPKM level 3 dan 4, tapi kondisi saat ini sudah artinya perlu ditinjau lagi Permendagri itu," ujar Ranto, Jumat (6/8).

Diakuinya, BSU dirasa penting karena para pekerja akan merasa terbantu apalagi pada kondisi pandemi Covid‑19 ini.

"Harus diperjuangkan Babel masuk wilayah PPKM Level 3 dan 4, jadi kalau ada bantuan tentu membantu untuk perekonomian mereka. Apalagi bila ada pekerja yang terpapar Covid‑19, malah akan sangat membantu lagi. Karena mereka tidak bekerja, harus karantina 14 hari, maka BSU itu sangat membantu pastinya," katanya.

Dirinya meminta agar Pemprov Babel memperjuangkan BSU bagi pekerja ini secara proaktif.

"Kami berharap Kepala Dinas Ketenagakerjaan untuk berkoordinasi dan kami dewan akan mendukung agar Babel dapat BSU itu. Dikatakan penting karena menyangkut hidup orang banyak, apalagi ekonomi sedang sulit," jelasnya.

Berkirim surat

Diketahui, pekerja di Babel tidak menerima BSU sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja nomor 16 tahun 2021. Pasalnya, lokasi penerima BSU itu merujuk ke instruksi Mendagri nomor 22 dan 23 tahun 2021.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman sudah berkirim surat kepada Menteri Ketenagakerjaan RI pada 4 Agustus 2021. Dalam surat ini, dirinya menyampaikan ada tujuh kabupaten/kota di Babel yang memberlakukan PPKM Level 3 dan 4.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved