Breaking News:

Perdalam Teori Akademik, Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah PKL Sejumlah Bank Syariah di Bangka

Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel melakukan Praktik Kerja Lapangan(PKL)

Editor: nurhayati
IAIN SAS Bangka Belitung
Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel saat melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Gelombang 1 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Gelombang 1, di Kabupaten Bangka Selama 1 Bulan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang ketat selama masa pandemi ini .

Kegiatan ini dimulai pada tangga (13/07/2021) sampai dengan (12/08/2021) yang diikuti oleh mahasiswa semester 6 berjumlah 21 orang.

PKL merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bekerja kepada mahasiswa, sehingga setelah menyelesaikan studinya mahasiswa tidak merasa asing dengan dunia kerjanya.

Praktik kerja lapangan ini, dilakukan di empat lokasi, tiga Lokasi  di Perbankan Syariah seperti BMI KCP Sungailiat, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang Sungailiat, dan Bank Sumsel Babel Capem Syariah Sungailiat, serta satu lokasi di lembaga non keuangan seperti di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka.  

Adapun kegiatan yang dilakukan selama praktik kerja lapangan ini di Bank Sumsel Babel Capem Syariah Sungailiat, terbagi menjadi beberapa bagian seperti bagian Pelayanan, Pembiayaan, serta umum dan akuntansi.

Bagian pelayanan meliputi pengarsipan dokumen berkas lama, baru dan lain-lain. Bagian pembiayaan meliputi penginputan data base jaminan nasabah konsumtif dan survey. Bagian umum dan akuntansi meliputi pembuatan kasbon harian dan lain sebagainya.

Adapun agenda yang dilakukan oleh mahasiswa PKL di BMI KCP Sungailiat Yang  dimana pekerjaaan yang dilakukan yaitu: mengisi dan mencatat non buku tabungan, mengupdate data nasabah (pembukaan/rekening), rencana tabungan jamaah haji, Pengajuan ATM Nasabah prioritas, spesial nisbah, tabungan DPLK, dan Update data Asuransi Manulifie, data surat permohonan tidak di jaminkan, surat permohonan pengakhiran kepesertaan, data nasabah Penggantian ATM.

Ada juga kegiatan lainnya seperti Mengisi LogBook CS, Menyortir Uang Teller, Membuat laporan berita acara pemusnahan kartu ATM nasabah yang telah terbrokir, rusak, maupun expaired.

Dilanjutkan dengan agenda Di BPRS Cabang Sungailiat yang dimana pekerjaan yang dilakukan yaitu : membuat UP, OL, TAKSAKSI dan berbagai kegiatan lainnya seperti buat akad, menyaksikan proses akad dan masih banyak lainnya.

Ada pun agenda yang  dilakukan di lembaga non keuangan ialah yang di BPS ada yang di tempatkan di seksi produksi sosial dan seksi Nerwilis dan IPDS, karena BPS bertugas dibidang statistik, maka tugas yang diberikan kepada  mahasiswa PKL yaitu mengolah data.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved