Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kabupaten Bangka Masuk Kategori PPKM Level 4, Begini Kata Jubir Satgas dan Bupati Bangka  

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra dan Bupati Bangka Mulkan menanggapi perihal masuknya kabupaten Bangka dalam kategori PPKM

Penulis: Magang2 | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra dan Bupati Bangka Mulkan menanggapi perihal masuknya kabupaten Bangka dalam kategori PPKM level 4.

Tadi malam, Senin (9/8/2021) melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021, diketahui bahwa Kabupaten Bangka sebelumnya masuk kategori PPKM level 3 sekarang meningkat menjadi PPKM level 4.

Sementara itu, 3  kabupaten yang sebelumnya PPKM level 4 yakni Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur justru turun ke level 3. 

Diketahui bahwa Kabupaten Bangka menjadi satu-satunya yang masuk kategori PPKM Level 4 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra mengungkapkan bahwa dirinya juga tidak menyangka kabupaten Bangka meningkat jadi PPKM level 4.

Padahal menurutnya jumlah testing, traching, dan treatment (3T) sudah sangat banyak setiap harinya.

"Saya juga enggak nyangka kalau kita jadi level 4, mungkin karena kasus positif dan kematian harian yang masih cukup tinggi," kata Boy, Selasa (10/9/2021).

Menurut Boy semakin banyak jumlah testing dan traching yang dilakukan setiap harinya justru semakin bagus.

"Kalau ada satu orang yang positif maka akan kita lakukan traching kepada sekitar 100 yang kontak erat, makanya testing dan testing harian kita tinggi dan kasus positifnya juga tinggi.

Tapi itu enggak masalah, daripada nanti jadi 'gunung es', yang terdeteksinya sedikit tapi yang tidak terdeteksi nya justru banyak," lanjut Boy.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan mengatakan peningkatan status PPKM menjadi Level 4 merupakan suatu dilema untuk Pemkab Bangka.

Menurutnya Pemkab Bangka sendiri tidak mengetahui indikator yang digunakan pemerintah pusat dalam penetapan PPKM level 4 ini.

Terlebih lagi, PPKM level 4 tersebut sangat berkaitan erat dengan kondisi perekonomian masyarakat.

"Kami harus mempertimbangkan ini secara teliti, karena katakanlah kalau kita lakukan lockdown ataupun melarang aktivitas masyarakat, berarti Kita harus siap memenuhi kebutuhan masyarakat yang meminta dukungan dari pemerintah daerah," tambah Mulkan.

Oleh karena itu, Mulkan berpendapat bahwa pihaknya tidak akan melakukan lockdown dan mengatur kegiatan-kegiatan sedimikian rupa dalam menyikapi pemberlakuan PPKM level 4 di Kabupaten Bangka.(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved