Breaking News:

Biaya Tes PCR di Indonesia Mahal Dibanding India Cuma Rp 97 Ribu, Asosiasi Buruh Minta Kejelasan

Asosiasi Massa Buruh meminta pemerintah untuk menindaklanjuti keluhan dari banyak masyarakat mengenai mahalnya biaya tes PCR di Indonesia

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga menjalani swab test di Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium (GSI Lab), Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menetapkan batas harga tertinggi swab test mandiri dengan metode real-time polymerase chain reaction (RT PCR) yaitu sebesar Rp 900 ribu. (Tribunnews/Irwan Rismawan) 

BANGKAPOS.COM - Harga tes PCR di Indonesia mahal dibanding India cuma Rp 97 ribu, Asosiasi Buruh minta penjelasan pemerintah.

Asosiasi Massa Buruh meminta pemerintah untuk menindaklanjuti keluhan dari banyak masyarakat mengenai mahalnya biaya tes PCR di Indonesia.

Biaya PCR yang murah tentu akan sangat membantu masyarakat dan dinilai penting untuk meningkatkan testing dan mencegah penularan yang lebih tinggi di masyarakat.

Baca juga: Lowongan Kerja UIN Kalijaga, Deadline 16 Agustus 2021

Baca juga: Ayah Ajak 2 Anaknya Menginap di Hotel, Istri Bilang Hilang Ternyata Anaknya Tewas Dibunuh Suami

"Coba bayangkan saja bagaimana baik pekerja atau pengusaha tentu sangat dirugikan jika ada kasus Covid di tempat kerja lalu dengan biaya sendiri atau perusahaan untuk lakukan PCR."

"Itu pun belum lagi kalau setelah PCR ulang bisa beberapa kali untuk mengetahui negatif dan positif."

"Sekarang harga PCR di kita sekitar Rp 574 ribu itu pun harga promo."

"Bayangkan betapa sangat membebankan biaya begitu," kata Wakil Sekjen DPP KSPSI Arnod Sihite kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Menurut Ketua Umum FSP PPMI KSPSI ini, di India biaya PCR hanya Rp 97 ribu atau 500 Rupee yang merupakan kebijakan negara.

"Di India bisa murah kenapa di kita sangat mahal ya. Kami dorong Satgas untuk menindaklanjuti ini karena sangat penting dan tentu saja membantu di tengah situasi seperti sekarang ini," katanya.

Baca juga: Harga Terbaru Uang Koin Rp1000 Bergambar Kelapa Sawit, Bank Indonesia dan Kolektor Buka Fakta

Di India jelas dia berdasarkan data laboratorium di Delhi biaya tes PCR sebesar 500 Rupee atau Rp 97.079 (kurs Rs 1= Rp 194.15).

Halaman
123
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved